Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Menghubungkan Totolink N200RE Dengan Internet Menggunakan IP Static (Tanpa PC)

Menghubunkan Totolink N200RE Dengan Internet Menggunakan IP Static (Tanpa PC)

Selamat malam sobat wifi... kita masih akan membahas sebuah tuturial lanjutan dari artikel-artikel kami sebelumnya tentang bagaimana cara menggunakan fitur-fitur yang tersedia di Router N200RE dari Totolink. Banyak fitur yang bisa kita manfaatkan untuk berbagai kondisi lapangan yang sering terjadi. Review Totolink N200RE

Selain fitur-fitur yang sangat berguna, Totolink juga akan mempermudah kalian dalam mengoprasikanya. Karena totolink telah menghadirkan sebuah aplikasi khusus untuk menyetting router-routernya. Aplikasi ini bernama TOTOLINK Router yang bisa kalian download gratis di Playstore dan Appstore.


Dalam berbagai kasus yang telah kita bahas sebelumnya, ada kalanya kita mendapat kasus Routing Static. Routing static kali ini mengaharuskan sebuah router menggunakan ip statik/manual agar bisa terkonksi dengan internet. Dengan menggunakan totolink N200RE kita cukup tau Gateway dan Subnet dari Ip yang sejalur dengan server Internet (ISP).

Kita ambil contoh, saya mendapatkan IP Gateway dari seorang penyedia server internet 192.168.20.1/24. Yang artinya ip gatewaynya 192.168.20.1 dan subnetmask nya 255.255.255.0 karena /24.

Setting Router Static pada Totolink N200RE menggunakan Hp/smartphone :

1. Pertama, sambungkan kabel LAN dari server (ISP) ke port ethernet WAN pada router N200RE kalian.

2. Sambungkan hp/smartphone kalian dengan jaringan wifi N200RE.

3. Buka aplikasi Totolink yang telah kalian download sebelumnya. Jika belum mendownload kalian bisa menggunakan aplikasi Chrome dan ketikan di kolom URL itotolink.net

4. Kemudian, pilih mac address router N200RE kalian


·         Password         : admin

·         Kemudian tekan tanda panah (<) di pojok kiri atas hp kalian.

5. Kemudian, pilih menu “ Internet “


6. Lalu, ganti mode dynamic menjadi “static”


7. Nahh sekarang masukan IP address sesuai yang ISP berikan yaitu 192.168.20.1/24


·         Ip address       = 192.168.20.3

·         Subnet mask    = 255.255.255.0

·         DNS                = 8.8.8.8

·         Scondarry DNS = 8.8.4.4

8. Kemudian tekan “ Apply “ dan tunggu proses Rebootingnya...

9. Jika penulisan ip dan subnet mask sudah benar maka berstatus “connected”


10. Selesai..

Nahh cara diatas bisa kita praktekan ketika kita menemukan kasus seperti itu, meskipun sekarang jarang yang menggunakan static ip karena pada saat ini para penyedia internet beralih ke mode PPPoE. Yang perlu di perhatikan adalah gateway dari ip yang di tentukan oleh server dan subnet masknya.

versi video:


Cara diatas adalah cara setting menggunakan aplikasi totolink yang sudah kami install sebelumnya. Apa harus menggunakan apliaksi totolink? Tidak, kalian bisa menggunakan aplikasi Chrome atau aplikasi pencarian lainya, kemuduian ketikan itotolink.net maka otomatis akan masuk ke localhost/webpig dari router totolink kalian.

Cukup sampai disini artikel kali ini, jangan lupa kunjungi artikel kami yang lainya untuk tutorial setting router-router lainya... jika ada yang ditanyakan silahkan tinggalkan di kolom komentar.....

 Baca Juga : Cara Memperluas Jaringan Wifi Menggunakan Totolink N200RE

Post a Comment for "Menghubungkan Totolink N200RE Dengan Internet Menggunakan IP Static (Tanpa PC)"