Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Setting Tenda 03 Sebagai Access Point Menggunakan Mode Router Static

Tenda 03 merupakan salah satu perangkat jaringan outdoor di kelas 2.4Ghz. Tenda 03 banyak digunakan untuk melakukan Point To Point (PTP) jarak jauh saat ini. Harga dan bukti dari kemampuan tenda 03 memang menjadi alasan tersendiri bagi banyak orang yang menggunakanya.

Tenda 03 memiliki banyak fitur yang bisa kita gunakan sesuai dengan keperluan kita baik mode client beserta antek-anteknya ataupun mode router dynamic/static/PPPoE. Dalam menggunakan mode router kita diwajibkan menggunakan kabel sebagai jalur/media penghantar jaringan internetnya baik itu menggunakan koneksi ip static, dynamic, ataupun PPPoE.

Dalam berbagai kasus banyak yang masih bingung menggunakan mode router Static karena biasanya kita menggunakan dynamic(DHCP) untuk menghubungkan router kita ke modem(ISP) untuk terkoneksi dengan internet atau tinggal colok aja beres. Tapi bagaimana jika dari penyedia internet hanya menyediakan ip statik? Tentunya tidak bisa asal colok saja, harus ada penanaman ip address secara manual agar bisa saling terhubung. Contoh kasus :

Saya berlangganan internet ke ISP swasta 10Mbps dan diberi ip statik 192.168.20.5, saya menggunakan tenda 03 untuk penyebar wifinya agar bisa dipakai oleh banyak orang. Kemudian saya akan setting tenda 03 saya menggunakan mode router static seperti ini :

1. Pertama, kita akan menggunakan PoE untuk menyalakan Tenda 03, kemudian sambungkan komputer/laptop menggunakan kabel LAN ke PoE Tenda 03 pada port Ethernet LAN.

2. Kemudian, buka aplikasi pencarian seperti chrome atau sejenisnya dan ketikan default ip tenda 03 yaitu 192.168.2.1 di kolom URL.

3. Setelah itu akan muncul kolom untuk memasukan username dan password admin ( admin – admin).


4. Kemudian, karena kita akan menggunakan kabel sebagai media penghantar sumber internetnya, pilih mode “Router”.


5. Setelah itu, kita pilih tipe koneksinya menggunakan “Static IP Address” dan sesuaikan ip nya dengan ip yang diberikan oleh ISP.


·         Ip address            : 192.168.20.5 (2-254 sesuaikan saja)

·         Subnetmask                   : 255.255.255.0 (karena kelas c /24)

·         Default gateway    : 192.168.20.1

·         Dns                      : 8.8.8.8 & 8.8.4.4 (DNS google)

6. Kemudian, kita sesuikan SSID dan Passwordnya untuk kita gunakan sebagai Access point tenda 03.


7. Kemudian tekan “save” untuk menyimpan konfigurasi mode router static yang telah kita lakukan.

8. Kemudian, colokan kabel Lan dari ISP ke ethernet LAN yang ada di PoE Tenda 03 (ganti yang nyolok ke pc).

9. Hasil konfigirasinya akan seperti ini


10. Selesai, selamat menggunakan internet.

 Menggunakan mode static saat ini sudah jarang digunakan oleh penyedia internet karena sudah banyak yang beralih ke PPPoE Server. Mode router static bisa juga kita implementasikan ke jaringan ISP yang menggunakan Dynamic Ip (DHCP) tapi kita tidak bisa menggunakan mode Dynamic Ip (DHCP) pada server ip static. Intinya agar client terhubung ke jaringan server, kita harus menyetting ip dari client mejadi satu segmen dengan ip server.

Baca Juga : Cara Setting Tenda 03 sebagai Pemancar Wifi Menggunakan Mode RouterDynamic IP (DHCP)

Post a Comment for " Cara Setting Tenda 03 Sebagai Access Point Menggunakan Mode Router Static"