Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Setting Tenda 03 Sebagai Pemancar Wifi Mode Router Dynamic IP (DHCP)

Tenda 03 adalah salah satu prodak yang tidak asing lagi dalam dunia jaringan internet. Tenda selalu menghadirkan produk-produk terbaru yang sangat berguna terutama dalam penggunaan untuk usaha rtrwnet. Tenda 03 merupakan router outdoor yang biasa kita gunakan untuk keperluan PTP (Point To Point) jarak jauh atau digunakan sebagai Access Point biasa atau sebagai pemancar sinyal wifi saja yang akan langsung tergubung dengan client hp/laptop.

Tenda 03 banyak sekali fitur yang bisa digunakan dalam mengubungkan atau memperluas jangkauan wifi yang dominan memakai wireless sebagai media penghubungnya (WISP,Universal Repeater, Repeater, Client,PTMP). Namun ada juga dua mode yang bisa kita gunakan sebagai pemancar jaringan wifi yang menggunakan media kabel sebagai jalur modem internet nya. Salah satunya adalah mode router.

Mode Router terdiri dari 3 type connection yang bisa kita gunakan, yaitu Dynamic, Static, dan PPPoE. Kita bisa menggunakan ketiga type tersebut sesuai dengan routing yang diberikan oleh ISP (penyedia layanan internet). kita akan bahas dulu jenis router dynamic, karena rata-rata penyedia internet menggunakan mode dynamic. Dengan menggunakan mode router ini kita bisa menambah atau memperluas jangkauan wifi kita menjadi lebih jauh, kita akan menggunakan media kabel sebagai jalur mengalirnya internet dari modem ISP ke Tenda 03, yang nantinya oleh tenda 03 akan dilakukan proses routing sendiri untuk menyebarkan internet lewat jaringan wirelessnya dengan memakai ip hasil routingnya sendiri. Yukkk kita mulai konfigurasinya :

1. Pertama yang harus dilakukan adalah menyalakan Tenda 03 menggunakan PoE yang ada, kemudian sambungkan laptop/pc menggunakan kabel LAN ke port ethernet LAN yang ada pada PoE Tenda 03.

2. Kemudian, buka aplikasi pencarian seperti chrome/opera, dan ketikan 192.168.2.1 di kolom URL.

3. Setelah itu untuk masuk menu webpig, kita masukan username dan password admin (admin-admin).


4. Kemudian, setelah masuk webpig kita masuk ke menu “Quick Setup” dan pilih mode “Router”.


5. Kemudian, pilih “DHCP (dynamic ip)” untuk tipe koneksi internet yang akan kita  gunakan.


6. Kemudian, sesuaikan dengan keinginan kalian nama SSID dan Password wifi yang akan digunakan oleh Tenda 03.


7. Kemudian tekan “Save” untuk menyimpan konfigurasi dan tunggu proses booting sampai selesai.

8. Setelah, proses booting selesai cabut kabel LAN yang menghubungkan antara PC dan Tenda 03.

9. Kemudian, sambungkan tenda 03 dengan modem ISP menggunakan kabel LAN yang di colok ke ethernet LAN yang ada pada PoE (bekas pc).

10. Selesai, selamat menggunakan internet.

Cara diatas dapat kita praktekan di rumah menggunakan perangkat yang ada baik menggunakan laptop/hp asalkan kedua perangkat sudah saling terhubung dalam satu segmen jaringan. Ip yang didapatkan oleh client yang terhubung dengan tenda 03 akan menggunakan ip dari tenda 03 yaitu 192.168.2.1/24 bukan dari ip ISP karena tenda 03 ini tidak melakukan bridge terhadap ip dari modem ISP tapi tenda 03 telah melakukan routing  sendiri dan menciptakan ip baru yang akan digunakan oleh client.

Baca Juga : Memperluas Jaringan Wifi Menggunakan Tenda 03 Mode Universal Repeater

Post a Comment for "Setting Tenda 03 Sebagai Pemancar Wifi Mode Router Dynamic IP (DHCP)"