Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Memperluas Jangkauan Sinyal Wifi Menggunakan Tenda 03 Universal Repeater

Universal repeater memiliki fungsi sebagai penerima sekaligus meneruskan kembali sinyal dari suatu titik access point. Universal repeater sangat cocok digunakan untuk memperluas suatu jaringan wireless yang dirasa masih kurang maksimal jangkuanya.

Router yang telah support Universal Repeter sudah banyak tersedia di pasaran. Salah satunya produk dari Tenda yang rata-rata produknya sudah memilikinya. Produk dari tenda memang sudah tidak diragukan lagi, terutama dalam hal PTP (Point To Point). Salah satunya Tenda 03 yang berada di kelas router outdoor  2,4Ghz dengan harga sekitar 350ribuan.

Tenda 03 sangat handal digunakan untuk memperluas jaringan wifi kita tanpa harus menggunakan kabel sebagai penghubung antar access pointnya. Dengan menggunakan mode universal repeater kita bisa memperluas jangkauan sampai 150 meter (tested) jauhnya jaringan wifi kita.

Contoh kasus, dikantor saya terdapat jaringan wifi gratis (tenda n301 kantor neicy dan saya ingin menggunakan wifi tersebut di rumah saya. karena rumah saya jauh (150m) dari kantor, saya akan menggunakan tenda 03 sebagai alat untuk menangkap dan menyebarkan kembali di rumah saya. Saya letakan tenda di lantai 2 rumah (10m) yang mengarah langsung ke kantor neicy Simak cara settingnya :

1. Pertama, nyalakan tenda 03 menggunakan PoE, kemudian colokan kabel LAN komputer ke ethernet LAN yang ada pada PoE.

2. Kemudian, buka aplikasi pencarian seperti Chrome atau sejenisnya dan ketikan 192.168.2.1 di kolom URL.

3. Setelah masuk webpig, masukan username dan passwordnya (admin-admin) agar bisa memulai setting.


4. Kemudian masuk menu “Quick Setup” dan pilih “Universal repeater”.


5. Setelah itu, tunggu beberapa saat sampai SSID dari wifi kantor kelihatan, kemudian pilih jaringan wifi yang akan kita gunakan.


6. Kemudian, masukan password access point kantor dengan benar.


7. Setelah itu atur ip LAN tenda 03 yang akan kita gunakan sebagai ip masuk ke webpig tenda 03. Saya sarankan jangan disamakan dengan ip access point kantor, karena nanti bisa sulit masuk webpig jika sewaktu-waktu ingin setting ulang, jika ip kantor 192.168.0.1 maka kalian gunakan 192.168.2.1.


8. Kemudian tekan “save” dan tunggu proses bootingnya sampai selesai.

9. Ini hasil settingan yang saya gunakan.


10. Selesai.

Universal repeater tidak menghasilkan SSID baru, karena akan mengulang atau menjadi jembatan saja untuk memperluas jangkauan dari access point pusat (kantor) dan akan menggunakan password yang sama dengan password yang di miliki ap kantor. Tempatkan tenda 03 di ketinggian yang cukup dan pastikan tenda 03 mengarah (berhadapan) langsung ke ap kantor.

Baca Juga : SettingTenda 03 Mode Station Dan Disebarkan Kembali Menggunakan Tenda N301

Post a Comment for "Memperluas Jangkauan Sinyal Wifi Menggunakan Tenda 03 Universal Repeater"