Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Nembak Wifi Voucher Menggunakan Mode WISP Pada Router Tenda

WISP atau Wireless Internet Service Provider sering kita jumpai dalam router-router jaringan wifi. WISP pada dasarnya sama seperti mode Router pada umumnya yang menerima trafik kemudian diolah kembali dalam sebuah proses routing menjadi sebuah trafik baru. Namun yang membedakan dari kedua mode tersebut adalah media penghantar sumber internet/trafik yang digunakan.

WISP mewajibkan menggunakan media wireless sebagai media penghubung antara sumber internet dan router WISP, atau sering kita sebut nembak wifi. Sedangkan router mewajibkan kita menggunakan kabel dari modem sumber internet ke port WAN pada setiap perangkat yang menggunakan mode router.

Mode WISP ataupun Mode Router pada intinya berfungsi sebagai client sekaligus server atau penerima dan menjadi server baru. Mode WISP sering sekali kita gunakan untuk memperluas jaringan wifi atau menembak wifi tertentu (terutama wifi gratis hehe). Salah satunya adalah Tenda 03 yang bisa kita gunakan sebagai penerima sekaligus penyebar kembali jaringan wifi.

Tenda 03 bisa kita gunakan untuk menembak wifi dengan berbagai kemanan yang digunakan. Salah satunya wifi yang menggunakan keamanan autentikasi seperti hotspot mikrotik atau wifiid. Dengan menggunakan WISP kita bisa menembak wifi voucher tersebut untuk disebarkan kembali tanpa harus menggunakan banyak voucher cukup dengan 1 voucher saja. Pada intinya setiap mode WISP yang di gunakan untuk menembak wifi voucher hanya memerlukan 1 voucher saja untuk login, dan menyebarkannya kembali pada setiap user lain tanpa harus memasukan voucher lagi.

Contoh kasus : tetangga saya mempunyai bisnis wifi voucher,kemudian saya membeli voucher tersebut. Namun voucher yang saya beli hanya bisa digunakan untuk 1 perangkat saja. Bagaimana agar bisa digunakan oleh banyak perangkat? Saya hanya punya tenda 03? BISA!.

1. Nyalakan tenda 03 menggunakan PoE.

2. Sambukan pc/laptop menggunakan kabel LAN ke PoE pada port ethernet LAN.

3. Kemudian, buka aplikasi pencarian seperti chrome atau sejenisnya, dan ketikan default gateway tenda 03 yaitu 192.168.2.1 pada kolom URL.

4. Setelah itu, login sebagai admin menggunakan username dan password (admin-admin).


5. Kemudian pilih mode yang akan digunakan yaitu “WISP”.


6. Setelah itu kita cari SSID dari wifi voucher yang akan kita tembak dan pilih SSID nya.


7. Kemudian, next karena wifi voucher tidak menggunakan keamanan WPA/2-PSK, jadi kosongkan saja keamanannya.


8. Kemudian, gunakan “Dynamic ip(DHCP)” untuk tipe koneksinya agar tenda 03 mendapatkan ip secara otomatis dari server mikrotik.


9. Setelah itu atur SSID dan Password Tenda 03 yang akan kita gunakan sebagai access point penyebar internet.


10. Kemudian kita masukan ip untuk masuk localhost/webpig tenda 03. Jika wifi voucher menggunakan 192.168.3.1 maka setting tenda 192.168.2.1 pokoknya harus beda agar tidak bertabrakan.


11. Kemudian tekan “save” untuk menyimpan konfigurasinya.

12. Kemudian sambunkan komputer/hp ke jaringan tenda 03. Otomatis akan diarahkan ke login page wifi vouchernya. Masukan 1 voucher yang telah kalian beli dengan benar.


13.Sekarang sambungkan hp/laptop lain ke jaringan tenda 03 maka setiap client yang terhubung akan langsung bisa mengakses internet tanpa harus menggunakan voucher lagi.

Dengan menggunakan mode WISP mac address yang akan terbaca di server mikrotik adalah mac address dari router tenda 03 yang kita gunakan, bukan mac address dari client yang ada di tenda 03. Menggunakan mode WISP hanya perlu satu voucher untuk semua. Jadi kalo niat kalian ingin memperluas jaringan wifi voucher jangan menggunakan mode WISP karena itu akan menimbulkan kerugian.

Baca Juga : SettingPPPoE Client Menggunakan Tenda 03

2 comments for " Nembak Wifi Voucher Menggunakan Mode WISP Pada Router Tenda"

  1. kenapa saya gabisa ya selalu tidak terhubung ke internet, pas awal awal sih bisa cuma sekarang gabisa , padahal setingannya ga dirubah sama sekali semenjak awal bisa konek

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan sudah memasukan voucher dengan benar..
      Coba clone mac addressnya/ganti mungkin router yang di pake di block mikrotiknya...

      Delete