Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Setting Tenda 03 Sebagai Access Point Voucher Yang Handal

Wifi voucheran adalah jaringan wireless yang menggunakan keamanan autentikasi user sebagai persyaratan clint terhubung dengan internet. untuk membuat server hotspot voucher dibutuhkan router mikrotik sebagai server hotspot yang akan menampung client-client. Sistem hotspot tidak selalu digunakan untuk jaringan wireless, hotspot voucheran juga bisa di implementasikan di jaringan kabel yang langsung terhubung dengan perangkat client.

Access Point digunakan sebagai alat untuk memperluas jaringan internet atau intranet melalui media Wireless. Dengan menggunakan access point layanan suatu server yang tadinya hanya bisa di nikmati menggunakan kabel sekarang sudah bisa client akses melalui jaringa wifi. Begitu pula dengan server hotspot voucher yang sangat efektif jika dipadukan dengan access point. Salah satunya Tenda 03 yaitu router sekaligus access point yang bisa kita gunakan sebagai perangkat penyebar hotspot voucher melalui media wireless.

Tenda 03 merupakan pengakat yang dirancang untuk digunakan dalam situasi dan kondisi cuaca indonesia yang berubah-ubah. Tenda 03 merupakan perangkat access point outdoor yang banyak digunakan saat ini. Banyak fitur yang bisa dimanfaatkan dari tenda 03 salah satunya mode AP (Access Point) yang bisa kita gunakan untuk wifi voucheran ataupun wifi biasa.

Cara setting tenda 03 untuk access point voucheran :

1. Pertama nyalakan tenda 03 menggunakan PoE. Kemudian sambungkan PC/Laptop dengan PoE pada port ethernet LAN.

2. Kemudian, buka aplikasi pencarian seperti Chrome atau aplikasi sejenisnya dan ketikan default gateway tenda 03 yaitu 192.168.2.1 di kolom URL.

3. Setelah itu masukan username dan password super admin untuk masuk webpig/localhost tenda 03 (admin-admin).


4. Kemudian masuk menu “Quick Setup” dan pilih mode “AP”.


5. setelah itu atur SSID (nama wifinya) dan jangang gunakan keamanan apapun (none) karena kita akan gunakan keamanan autentikasi dari sever hotspotnya saja.


6.  kemudian tekan “save” untuk menyimpan hasil konfigurasinya.

7. Setelah proses booting selesai, sambungkan tenda 03 dengan server hotspot voucher, menggunakan kabel LAN dari sever hotspot ke port etehrnet LAN PoE Tenda 03.

8. Sekarang kita coba hubungkan laptop ke jaringan wifi tenda, hasilnya akan otomatis di redirect ke login page wifi voucher.


9. Untuk memastikan settingan kita sudah benar, kita masuk lagi ke localhost tenda 03 dan pastikan DHCP severnya mati “disable” agar tidak terjadi tabrakan ip dengan server hotsot voucher.


10. Kemudian, matikan juga dhcp sever untuk LAN client untuk berjaga-jaga terjadinya masalah ip looping.


11. Selesai. Dan inilah hasil akhir dari settingan tenda 03 saya dan spesifikasi tenda 03 yang saya gunakan.


Tenda 03 menggunakan antena sectoral sehingga tidak aneh jika sebagian client hotspot voucher tidak mendapatkan sinyal yang maksimal, kenapa? Karena antena sectoral hanya bisa menjangkau maksmal client yang ada tepat (600-1200) dihadapannya. Bukan berarti clint yang di belakangnya tidak bisa mendapatkan sinyal, hanya saja akan kurang maksimal.

Baca Juga : Nembak Wifi Voucher Untuk Disebarkan Kembali Menggunakan Tenda 03 (satuvoucher untuk semua)

Post a Comment for "Setting Tenda 03 Sebagai Access Point Voucher Yang Handal"