12 Contoh Berkas yang Harus Disiapkan Untuk Melamar Pekerjaan

Untuk melamar pekerjaan, Kamu membutuhkan beberapa File (Berkas) untuk melengkapi Persyaratannya. Ada beberapa Berkas/Dokumen yang harus dipersiapkan dari mulai Surat Lamaran Kerja hingga Dukumen dasar seperti Pas Poto dan Izazah.

Dari pengalaman penulis, Ada 12 Berkas yang haru dipersiapkan untuk melamar pekerjaan. Semua Berkas tersebut disatukan dan kemudian dibuatkan File PDF dan di kirim melalui E-Mail (Untuk Lamaran Kerja Secara Online).

Dokumen yang Harus Disiapkan Untuk Melamar Pekerjaan : 

  1. Surat Lamaran Kerja.
  2. Daftar Riwayat Hidup.
  3. Pas Foto (Biasanya 4×6, 3×4 dan 2×3)
  4. Scan Kartu Pencari Kerja
  5. Scan E-KTP
  6. Scan Izazah (yang Terlegalisir)
  7. Scan SKHUN (yang Terlegalisir)
  8. Scan SKCK
  9. Scan Kartu Keluarga
  10. Scan Kartu Keterangan Sehat
  11. Scan Paklaring Kerja
  12. Scan Sertifikat (Jika Ada)
Nah ke-12 Berkas di atas harus kamu persiapkan untuk melamar pekerjaan. Berkas di atas digunakan untuk melamar pekerjaan secara Online atau Via Kirim E-Mail atau sejenisnya. 

Berkas apa saja yang harus disiapkan untuk Melamar pekerjaan Secara Langsung?? 

Jikalau kamu melamar pekerjaan secara Offline atau langsung pergi ke Perusahaannya. Maka yang kamu butuhkan adalah Dokumen COPY bukan SCAN. Contohnya : 

  1. Surat Lamaran Kerja.
  2. Daftar Riwayat Hidup.
  3. Pas Foto (Biasanya 4×6, 3×4 dan 2×3)
  4. Fotocopy Kartu Pencari Kerja
  5. Fotocopy  E-KTP
  6. Fotocopy  Izazah (yang Terlegalisir)
  7. Fotocopy  SKHUN (yang Terlegalisir)
  8. Fotocopy  SKCK
  9. Fotocopy  Kartu Keluarga
  10. Fotocopy  Kartu Keterangan Sehat
  11. Fotocopy  Paklaring Kerja
  12. Fotocopy  Sertifikat (Jika Ada)
Jadi untuk melamar kerja, Ke-12 Dokumen di atas merupakan Dokumen yang sering dibutuhkan untuk persyaratan Lamaran Pekerjaan. Meskipun pada Kasus tertentu, Hanya ada beberapa Dokumen saja yang dibutuhkan. Namun untuk berjaga-jaga, Kamu harus mempersiapkan Ke-12 Dokumen di atas.

Penjelasan Setiap Point Berkas Lamaran Kerja

Surat Lamaran Kerja 

Surat Lamaran Kerja merupakan Hal yang paling utama dalam berkas lamaran pekerjaan. Karna dalam surat lamaran kerja akan di sertakan ke-11 Point selanjutnya. Untuk membuatnya kamu bisa menggunakan Ms. Word. Untuk Contoh Surat Lamaran Kerja, Bisa di lihat pada Gambar di bawah ini : 

Contoh Surat Lamaran Kerja

Daftar Riwayat Hidup

Daftar Riwayat Hidup merupakan Data Identitas diri secara keseluruhan. Dari mulai Identitas yang tertera dalam KTP hingga pengalaman kerja yang pernah dilakoni. Contoh Curriculum Vitae : 

Untuk Cara Pembuatannya, Kamu bisa mempelajarinya disini : 

PAS FOTO

Dalam melamar pekerjaan kamu juga memerlukan Pas Foto dengan Latar berwarna Biru atau Merah. Pas Foto yang dibutuhkan biasanya berukuran 2×3, 3×4 dan 4×6. Namun perlu di ingat bahwa setiap perusahaan selalu meminta Pas Foto yang berbeda-beda. Contohnya di Perusahaan A mengharuskan Ukuran Foto 4×6 sebagai persyaratan dan Perusahaan B mengharuskan Pas Foto Ukuran 3×4 dan 4×6 sebagai persyaratan.  

Jadi alangkah baiknya jika kamu mempersiapkan semuanya. Untuk berjaga-jaga dari segala hal yang tidak terpikirkan.

Kartu Pencari Kerja (Kartu Kuning)

Kamu bisa membuat Kartu Pencari Kerja di Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker). Untuk membuatnya cukup mudah dan tidak perlu mengeluarkan Biaya sedikitpun. Kamu hanya perlu memberikan Identitas diri beserta Pendidikan Terakhir + Pas Foto. 

E-KTP

Scan E-KTP atau Fotocopy E-KTP. JIkalau kamu melamar pekerjaan secara Online maka kamu harus Scan E-KTP nya, sedangkan jika langsung datang ke perusahaan maka kamu perlu Fotocopy E-KTP nya.

Jika tidak memiliki E-KTP ? Gunakan saja E-KTP Sementara, Dan itu bisa kamu peroleh dari DESA setempat.

IZAZAH dan Skrip Nilai 

Untuk Izazah dan Skrip Nilai Harus yang Terlegalisir. Jadi Jika Kamu Fotocopy, Maka Hasil Fotocopy nya harus di Legalisir Terlebih dahulu sebelum di serahkan ke pihak penerima lamaran kerja.

SKCK

Kamu bisa Membuat SKCK di Kantor Kepolisian atau secara Onlne, Syarat-syarat yang dibutuhkan berupa : 

  • Pas Foto Berwarna Ukuran 4×6, Sekitar 6 buah
  • Fotocopy E-KTP
  • Fotocopy KK
  • Sidik Jari
  • AKTA Kelahiran
Untuk Sidik Jari, Kamu bisa membuatnya di Kantor Kepolisian (Polres) dan biasanya ada bagian Khususnya.

Kartu Keluarga 

Fotocopy Kartu Keluarga. Sedangkan jika secara Online, Kamu Perlu Scan dulu Kartu keluarga nya. JIka hasil Scan nya berukuran besar, Maka File Scan KK nya harus di Kompres terlebih dahulu.

Kartu Keterangan Sehat

Kartu keterangan sehat merupakan Bukti bahwa kamu dalam keadaan Sehat ketika melamar kerja di suatu perusahaan atau intansi. Cara membuatnya bisa dilakukan di Puskesmas terdekat.

Paklaring Kerja

Apa itu Paklaring Kerja?? Paklaring Kerja merupakan suatu Berkas/Dokumen yang menunjukan Pengalaman kerja. Jadi Dalam Paklaring tersebut ada data mengenai pengalaman seseorang dalam bekerja di suatu perusahaan atau intansi. Isi Paklaring menjelaskan Karir dari awal masa bekerja hingga akhir kerja.

Sertifikat

Sertifikat disini bisa berupa sertifikat keahlian ataupun sertifikat yang didapatkan dari tempat kerja sebelumnya. Sertifikat ini bisa memberikan nilai lebih untukmu. Jadi Jikalau ada, Kamu harus melampirkannya.

Nah itu adalah Dokumen-Dokemun (Berkas) yang harus kamu siapkan sebelum melamar pekerjaan. Perlu di ingat kembali bahwa setiap perusahaan memiliki kebijakan dalam persyaratan yang harus dikumpulkan. Jadi Untuk berjaga-jaga, Semua Berkas di atas harus disiapkan terlebih dahulu.

Kamu mau melamar kerja sebagai Tenaga Administrasi ?? Pelajari Tutorial Ms Office berikut ini : 

Bagaimana cara Kompres Foto agar kurang dari 1 MB ? caranya ada disini : Tutorial Kompres Foto Secara Offline || Jadi < 100 Kb

Bagaimana cara Kompress File PDF ? caranya ada disini : 

Semoga membantu yah, semua perlengkapannya bisa dipelajari disini.

Tinggalkan komentar

x