Cara Mengambil Data dari Sheet Lain dengan Kriteria Tertentu di Excel

Mengambil data dari sheet lain bisa menggunakan Fitu Filter. Namun ada 2 langkah yang harus kamu lakukan, Yaitu memfilter Data yang di butuhkan kemudian menyalin / memindahkan data dari Sheet 1 ke sheet 2. Semua caranya masih menggunakan Fitur Filter.

Fitur Filter digunakan untuk mengelompokan data sesuai Kriteria yang ditentukan. Dengan begitu kamu bisa dengan mudah mencari dan menampilkan data sesuai Kriteria yang di inginkan. Bukan hanya dalam 1 sheet, Karna kamu juga bisa melakukan Filter data sesuai kriteria dalam Sheet yang berbeda.

Ada 2 langkah Kunci dalam pengambilan data dari sheet lain sesuai kriteria tertentu di excel. Yaitu membuat Tabel Data Induk di sheet 1 dan Memfilter Data sesuai Kriteria yang di tentukan pada Sheet 2.

Langkah Ke-1 : Membuat Tabel dan Memfilter Data sesuai Kriteria

Memfilter data sesuai Kriteria tertentu sudah penulis Jelaskan dalam Artikel sebelumnya, Yaitu : 

Namun Penulis akan memberikan lagkah-langkah singkatnya disini, Ikuti langkah-langkah untuk Memfilter Data di Excel berikut ini :
  1. Buka Ms Excel nya dan kemudian buatkan Worksheet baru
  2. Di Sheet 1. Buatkan Tabel Data Induk, Sebagai contoh perhatikan Gambar di bawah ini : 
    Mengambil data dari sheet lain
    Tabel Data Induk

    Tabel di atas akan dijadikan sebagai data induk. Yang nantinya akan kita pindahkan ke Sheet 2. Jadi data hasil Filter pada tabel di atas akan di tampilkan pada sheet 2.
     

  3. Kemudian Klik Bagian Header/Judul Kolom pada tabel. Lalu Pergi ke Tab Data > FIlter, Maka akan muncul Tombol Drop Down pada Judul Kolomnya. 
    Memfilter Data sesuai Kriteria

  4. Setelah itu, Klik Tombol Drop Down pada judul Kolom Jabatan dan Filter “Karyawan” nya saja. 
    mengambil data dan memfilter data

  5. Selesai..
Bagian langkah ke-1 sudah selesai. Jadi kamu perlu memfilter Kriteria yang di inginkan. Dan kemudian nanti Hasil Filter nya akan di ambil dan di tampilkan pada Sheet 2.

PERHATIAN!!!
**Apakah Wajib Memfilter Data terlebih dahulu ?? Jawabannya TIDAK. Kamu boleh melewati bagian Filter Data. dan langsung menuju Langkah Ke- 2.
Kenapa? karna Nanti juga akan di Filter Ulang. Tutorial Filter data di atas hanya untuk Perbandingan saja.

Langkah Ke-2 : Mengambil Data dari Sheet 1 Dengan Kriteria Tertentu dan di Tampilkan Pada Sheet 2

Mengambil data dari Sheet lain dengan Kriteria tertentu. Jadi Kita akan mengambil data dari sheet 1 untuk di tampilkan pada Bagian Sheet 2. Ikuti langkah-langkah berikut ini : 
  1. Buat Sheet Baru.
  2. Di Sheet 2, Buatkan Tabel Criteria nya. Lalu pergi ke Tab Data > Short and Filter > Advanced

    Keterangan : TABEL CRITERIA
    Tabel Criteria digunakan untuk memfilter Data dari List Range yang di pilih. Jadi Bagian Nama Karyawan di “kosong” kan dan bagian Jabatan di isi dengan “Karyawan“.
    JADI kita akan memanggil Kriteria Karyawan saja. Untuk Namanya akan mengikuti Kriteria “Karyawan”.

    Keterangan ADVANCED FILTER : 
    * Pilih Copy to Another Location
    * List Range, Isi dengan Range Cells dari Sheet 1 (Kolom yang akan di Copy ke Sheet 2) dalam contoh di atas, di isi dengan range untuk kolom nama karyawan dan Jabatan.
    * Criteria Range, Isi dengan Range Tabel Criteria di Sheet 2. Yang tadi di Buat.
    * Copy to, Buat Range untuk lokasi penyimpanan data yang telah di ambil dari sheet 1.

    * untuk Baian Copy To, Buatkan Range yang sesuai dengan kolom yang ada pada List Range. Jika dalam List Range menggunakan 2 Kolom, Maka Pada bagian Copy to juga isi dengan 2 kolom.

    PERHATIKAN GAMBAR DI ATAS !

  3. Maka hasilnya akan seperti ini : 
    Mengambil data dari sheet lain

  4. Selesai..

Nah itu adalah cara untuk mengambil data dari sheet lain dengan Kriteria tertentu. Cara mengambil data dari sheet lain dengan kriteria tertentu ini dibuat dengan menggunakan Fitur Filter pada Tab Data. 

Pelajari dalam Versi Video disini: 


Perhatikan setiap langkahnya, Karna jikalau kamu melewati langkah yang penting pada tutorial di atas maka akan terjadi kendala. Untuk itu ikuti langkah-langkahnya dan kemudian pahami juga di setiap keterangannya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga : Rumus Excel Untuk Menampilkan Data dari Sheet Lain

Tinggalkan komentar

x