Cara Menampilkan Data Sesuai Dengan Kriteria Tertentu di Excel

Menampilkan atau mengambil data dari dalam sheet Excel bisa dilakukan dengan menggunakan Filtering data. Ketika kamu membuat suatu Projek atau menginputkan data Siswa atau Barang yang sangat banyak, Kemudian Data tersebut memiliki Kriteria maka kamu bisa menyaring data tersebut sesuai dengan Kriteria yang di inginkan.

Untuk Mencari dan menampilkan data bisa dilakukan dengan menggunakan Find And Select. Namun dikarnakan kita ingin menampilkan data sesuai dengan Kriterianya maka kita tidak bisa menggunakan Fitue Find & Select ini. Fitur yang akan digunakan adalah Short & Filter.

Autofilter digunakan untuk mencari dan menampilkan data sesuai Kriteria yang di tentukan. Dengan menggunakan Fitur Filter kamu bisa memilih dan menampilkan data sesuai dengan apa yang kamu inginkan.

Cara Menampilkan Data Sesuai Dengan Kriteria Tertentu di Excel

Cara menampilkan data sesuai dengan Kriteria tertentu menggunakan Fungsi AutoFilter di Excel :
  1. Buka File Excel yang memiliki banyak data dan Kriteria, Sebagai contoh perhatikan gambar di bawah ini : 
    Menampilkan Data sesuai Kriteria tertentu

    Perhatikan gambar di atas :
    Pada gambar di atas ada beberapa Kriteria per Kolomnya. Contoh dalam Kolom Kelas dan Penanganan yang memiliki 2 Kriteria. 
    Kita bisa menampilkan data sesuai Kriteria yang di tentukan. Contohnya dalam Kolom Penanganan, kamu bisa hanya menampilkan data Dokter saja.

  2. Setelah Itu, Klik bagian Header Tabelnya dan kemudian pergi ke Tab Data > Filter. Maka akan muncul Menu Drop Down Filter. 
    Auto Filter di Excel

  3. Klik Drop Down Filter nya, Maka akan muncul bagian dialog Filternya. 
    Filter data di Excel

    Pilih Kriteria yang ingin kamu tampilkan.
    Kemudian tekan Tombol OK.

  4. Selesai. Maka Hanya akan ada data dengan Kriteria Tertentu / dipilih yang akan tampil pada tabel data tersebut.

Nah itu adalah cara mudah untuk menampilkan data sesuai dengan Kriteria yang di pilih. Dan kamu bisa menggunakan Filter data tersebut di kolom-kolom yang lainnya. Penggunaan Filter ini bisa digunakan untuk seluruh Kolom pada Tabel yang digunakan.

Pelajari dalam Versi Video-nya disini:

Selain menggunakan Fitur Filter, Kamu juga bisa menggunakan Fitur lainnya untuk mencari dan menampilkan data yaitu dengan menggunakan Fitur Find & Select : 2 Cara Mencari Nama/Data di Excel dengan Fitur Find & Select.

Baca juga : Rumus Untuk Memfilter Data Sesuai Kriteria Nilai Sel Kosong di Excel | IFERROR, INDEX, IF, COUNTIF

Tinggalkan komentar

x