Rumus Excel Untuk Menampilkan Data dari Sheet Lain

Menampilkan dan mengambil data dari Sheet lain pada Lembar kerja Excel sangat membantu untuk pekerjaan yang membutuhkan banyak sheet dalam 1 File Excel. Biasanya Pengambilan dan menampilkan data dari sheet lain ini dibutuhkan dalam pekerjaan Administrasi Perkantoran. Rumus excel memindahkan data ke sheet lain ini bisa kamu ikuti dengan mudah.

Dalam kasus ini kamu bisa menggunakan Rumus atau Fungsi IFERROR dan INDEX untuk mengambil data dari Sheet lain. Dengan kata lain, Kamu hanya perlu menginputkan 1 data untuk mengambil / memindahkan keseluruhan data (yang di butuhkan) dari sheet lain.

Penulis Sudah membuat Tutorial lengkap untuk mengambil dan menampikan Data dari Sheet lain dalam Tutorial Menghitung Kredit Barang, Untuk selengkapnya baca disini : Cara Menghitung Kredit Barang di Excel Beserta Contohnya | Rumus Excel.

Rumus Excel Untuk Menampilkan Data dari Sheet lain

Untuk lebih jelasnya, Mari kita pelajari cara untuk mengambil dan menampilkan data dari sheet lain secara otomatis. Ikuti langkah – Langkah berikut ini : 

  1. Buka Ms Excelnya Kemudian buatkan Sheet Baru
  2. Buatkan 2 Sheet, Sheet 1 di isi dengan data induk dan sedangkan Sheet 2 di isi dengan tabel untuk menampilkan data dari sheet 1. Sebagai contoh, penulis menggunkan tabel dari perhitungan Kredit barang berikut ini : 
    menampilkan data dari Sheet lain
    Sheet 1. Data Induk

    Di Sheet 2 Siapkan Tabel atau Cells untuk Mengambil dan menampilkan Data dari Sheet 1 nya. 

    menampilkan data dari sheet lain
    Sheet 2. Form untuk menampilkan data induk

    Keterangan : 
    Nah jadi ketika kamu mengetikan ID Pelanggan nya, Maka Data dari Nama pelanggan, Tanggal Peminjaman, lama kredit, Bunga, dan Kredit Pokok nya akan muncul secara otomatis.

Perhatikan setiap Cells yang digunakan, Karna jika kamu menggunakan Cells yang berbeda dari Cells pada contoh di atas, maka Rumusnya juga akan berbeda.

Setealah Selesai membuat 2 Sheet di atas, Langkah selanjutnya adalah memberikan Nama pada bagian ID pelanggan dan Tabel Pelanggan di sheet 1. dengan cara menggunakan Name Box. Ikuti langkah-langkah berikut ini : 

  1. Di Sheet 1 (Sheet Data induk/Id_Pelanggan). Pada Range B4:K13 beri nama “PELANGGAN” dan pada Range B4:B13 beri nama “ID“. Perhatikan gambar di bawah ini : 
    Mengambil data dari sheet lain di excel

    Keterangan :
    Cara memberikan Nama Pada Range, Caranya Blok/buat Range Pada Cells B4:K13 kemudian Ketikan nama “PELANGGAN” pada Name Box.
    Setelah itu Tekan ENTER

    Lakukan Hal yang sama pada Range B4:B13, Dan berikan Nama “ID”. (Perhatikan Gambar di atas)

Ok Langkah selanjutnya adalah menambahkan Rumus di Sheet 2 untuk mengambil data dari Sheet 1. Caranya, Ikuti langkah-langkah berikut ini : 
  1. Di Sheet 2, Aktifkan Cells C4 dan kemudian masukan Rumus ini : 
    =IFERROR(INDEX(PELANGGAN,MATCH(C3,ID,0),2),” “)

    Kemudian tekan ENTER. 

    Rumus Excel untuk menampilkan data dari sheet lain

    Keterangan Rumus :
    =IFERROR(INDEX(PELANGGAN,MATCH(C3,ID,0),2),” “)
    Perhatikan angka 2 yang di beri tanda Bold di atas. Maksudnya adalah, Data dari Kolom Ke 2 dari Range cells dengan Name Box PELANGGAN (Nomor Kolom).

    jadi sebelum melanjutkan, Perhatikan Tabel data induk yang ada di Sheet 1 yah.

  2. Aktifkan Cells C5 kemudian masukan rumus berikut ini :
    =IFERROR(INDEX(PELANGGAN,MATCH(C3,ID,0),3),” “)

    Kemudian tekan ENTER

  3. Aktifkan Cells G3 Kemudian Masukan Rumus berikut ini :
    =IFERROR(INDEX(PELANGGAN,MATCH(C3,ID,0),8),” “)

    kemudian tekan ENTER

  4. Aktifkan Cells G4 kemudian masukan rumus berikut ini 
    =IFERROR(INDEX(PELANGGAN,MATCH(C3,ID,0),9),” “)

    kemudian Tekan ENTER

  5. Aktifkan Cells G5 kemudian masukan rumus berikut ini :
    =IFERROR(INDEX(PELANGGAN,MATCH(C3,ID,0),7),” “)

    Kemudian tekan ENTER

  6. Selesai. 

Nah dengan semua rumus di atas, Kamu hanya perlu mengetikan ID_Pelanggan saja dan setelah itu Datanya akan muncul secara otomatis.

Pelajari Versi Video-nya Disini: 


Rumus Excel untuk menampilkan data dari Sheet lain ini di buat dengan menggunakan Rumus IFERROR dan INDEX serta di bantu oleh Penamaan Range menggunakan Name Box. Kamu masih bisa mengembangkan kembali Rumus ini. Jadi jangan berhenti disini yah, terus pelajari sampai kamu menjadi Mahir dalam Ms Excel.

Baca Juga : 3 Cara Mengurutkan Data di Excel Secara Otomatis | Angka, Teks & Tanggal

5 pemikiran pada “Rumus Excel Untuk Menampilkan Data dari Sheet Lain”

  1. Terima kasih kak ilmunya tetapi saya coba di file saya tetapi kolomnya agak beda, kok tidak bisa. kalau mau mengkopi shell lain tetapi mendatar kok tidak bisa juga. boleh kah saya kirim contoh yang saya buat terima kasih.

    Balas

Tinggalkan komentar

x