13 Komponen VBA Macro Excel Beserta Contoh & Penjelasannya

VBA Macro Excel di gunakan untuk menciptakan Fitur-fitur baru dalam Excel, Kemudian VBA Macro juga bisa membuat suatu aplikasi beserta datanya. Dengan menggunakan VBA Macro kamu akan lebih di mudahkan dalam mengerjakan serta menyerlesaikan kegiatan tertentu. 

Komponen VBA Macro

Dalam VBA Macro ada beberapa Cakupan yang harus kamu ketahui sebagai dasar pembelajar VBA Macro Excel. Cakupan Komponen yang ada di VBA Macro adalah cakupan yang menyelimuti dan saling berkaitan antara komponen 1 dan komponen lainnya.

Cakupan Komponen VBA Macro Excel

  1. Kode / Script
    VBA Macro merupakan Script Pemrograman, Jadi dalam penggunaan VBA Macro kamu akan di suguhkan dengan Script/Kode yang menjadi bagian dari VBA tersebut. Dengan menggunakan Kode/Script tersebut kamu bisa menciptakan fitur atau aplikasi baru dengan menggunakan VBA Macro Excel. Contoh pembuatan aplikasi ini seperti aplikasi Perpustakaan, Perkantoran dan lainnya. Kemudian kamu juga bisa membuat aplikasi yang fungsional dan kompleks.
  2. Module
    Script yang kamu buat akan tersimpan di Module. Module ini akan tersimpan bersama Workbook yang kamu buat. Namun perlu di ingat bahwa Module hanya bisa di edit menggunakan Visual Basic Editor.
  3. Procedures
    Ketika Script VBA ditulis dan disimpan dalam module maka perintah tersebut akan di susun sehingga mudah di pahamai oleh Komputer dan hal itu di sebut dengan Prosedure.
  4. Sub Procedure
    Sub Procedure merupakan salah satu jenis prosedur yang tersusun dengan berbagai pernyataan.
  5. Function
    Function bertugas untuk menghasilkan suatu nilai, Cara yang dilakukan oleh Function adalah dengan mengolah argumen menggunakan rumus yang digunakan. Contohnya kita menggunakan sebuah rumus yang di letakan pada Formula Bar.
  6. Objects
    VBA merupakan pemrograman yang bersifat Objects Oriented. Namun dikarnakan VBA Macro bekerja dalam aplikasi Ms Excel, Maka Objek yang bisa digunakan juga berasal dari aplikasi Excel tersebut. Contohnya seperti Grafik, Range, Shapes dan lainnya. Nah kamu bisa memanipulasi objek-objek yang ada dengan menggunakan beberapa Model class yang di siapkan dalam Ms Excel.
  7. Collections
    Collections merupakan bagian dari Objects, Bisa dikatakan bahwa Collections ini adalah turunan dari objects. Contohnya Objects Shapes, Nah di dalamnya terdapat anggota Shape yang disebut dengan Collection. Namun pada dasarnya Collectios ini sama saja yaitu “Objek”.
  8. Object Hierarchy
    Object yang kamu gunakan bisa di aktifkan dengan menggunakan Hierarchy. Jadi Objek yang buat di aktifkan menggunakan Script tertentu.
  9. Active Objects
    Ketika objek sedang aktiv, Kamu bisa memangilnya dengan lebih mudah dan simple. Jadi ketila objek aktiv maka kamu tidak perlu menggunakan Script khusus untuk memanggilnya. Sebagai contoh, Misalnya kamu akan bekerja dengan “Belajar.xlsx” maka kamu bisa langsung memanggilnya dengan : worksheet(“Sheet2”).Range(“A2”). Lebih sederhana bukan ?
  10. Object Properties
    Setiap Objects yang digunakan memiliki Properties untuk mengatur objek tersebut. Dengan menggunakan Objek Propersies ini kamu bisa dengan mudah mengatur / Menyeting objek yang digunakan dalam aplikasi yang di buat.
  11. Variable
    Variabel merupakan suatu ruang data yang digunaka untuk menyimpan Value. Sebagai contoh, Ketika kamu mengetikan Kelas=10 maka bisa di katakan bahwa kamu telah memasukan angka 10 kedalam Variable “Kelas”. 
  12. Object Methods
    Object Methods digunakan untuk mengatur Objek yang digunakan menggunakan Script tertentu.
  13. Events
    Event mengatur sesuatu yang terjadi ketika event “Berjalan”, Contohnya seperti Workbook_Open maka event akan mengatur apa yang akan terjadi ketika Workbook terbuka.
Nah itu merupakan Cakupan komponen yang ada pada VBA Macro Excel. Hal ini adalah dasar yang harus di pahami sebelum kamu lebih jauh lagi melangkah untuk mempelajari VBA Macro. 

Tinggalkan komentar

x