50+ Tutorial Excel Untuk Pemula Hingga Menengah [Lengkap]

Tutorial Ms Excel Untuk Pemula sangat penting di pelajari. Tutorial ini di Khususkan untuk kamu yang sedang belajar Ms Excel dari mulai Tahap awal (download, Install hingga membuat Projek). Nah dalam Artikel kali ini Penulis merangkum semua tutorialnya dengan lengkap dan jelas. 

Tutorial Excel Untuk Pemula

Untuk Leboh jelasnya, Pelajari Tutorial-tutorial di bawah ini. Klik Judulnya untuk mempelajari Tutorial Excel.

Tutorial Belajar Ms Excel Untuk Pemula [Lengkap]

Dalam Tutorial ini kamu akan belajar mengenai Pengertian serta pengenalan Halaman Kerja Excel. Link Download Excel serta cara penggunaannya secara lengkap. Disarankan untuk kamu mempelajari pengenalan Ms excel ini agar di mudahkan ketika belajar ke tahap selanjutnya.

Fungsi Tab, Quick Access, Ribbon dan Bagian-Bagian Lembar Kerja Excel

Setelah kamu memahami pengenalan dasar Ms Excel, Maka langkah selanjutnya adalah dengan mempelajari tentang Fungsi dari Tab, Ribbon serta bagian-bagian yang ada di Ms Excel. 

Tutorial Dasar Ms Excel | Cara Menggunakan Excel

Setelah kamu memahami cara download, Instal serta fungsi dari setiap Fitur di excel, Maka kamu bisa mencoba menjalankan atau menggunakan Ms Excel. Dalam tutorial ini kamu akan belajar mengenai cara penggunaan aplikasi Ms Excel beserta Gambarnya.

Cara Merubah Region And Language di PC/Laptop | Untuk Excel

Region and Lenguage berpengaruh pada penggunaan rumus di excel. Sebagai contoh, Jika kamu menggunakan Region Indonesia maka kamu akan menggunakan tanda titik-koma ” ; ” untuk memisahkan argumen dalam rumus fungsi excel. Sedangkan jikalau kamu menggunakan Region Default (US) maka kamu akan menggunakan tanda Koma ” , ” untuk memisahkan Argumen Rumus Fungsi di excel.

Fungsi Static dalam Ms Excel Yang Sering Muncul di Pelajaran TIK SMP dan SMA

Dalam tutorial ini kamu akan belajar cara menggunakan Rumus Fungsi secara Manual dan Otomatis. Kemudian akan ada beberapa Rumus Static yang bisa kamu pelajari seperti fungsi SUM, MAX, MIN dan lainnya. Penggunaan Rumus Fungsi secara Manual dan Otomatis memiliki perbedaan yang lumayan berpengaruh dalam ke efektivan pembelajaran

Fungsi Matematika dalam Ms Excel dan Cara Penggunaannya

Fungsi Matematika merupakan sebagian Rumus matematika yang dapat kamu hitung dengan mudah menggunakan Ms Excel. Jadi kamu tidak perli lagi menghitung secara manual. Rumus Matematika yang di maksud seperi ACOS, Absolut, Arc Sinus, Logaritma dan masih banyak lagi yang lainnya.

Cara Membuat Tulisan Berpangkat di Ms Excel

Tulisan berpangkat ini seperti bilangan dalam pelajaran Matematika sepert menghitung Luas Tanah, Bangun Ruang dan Senyawa Kimia. contoh lainnya seperti M2, H2O dan lainnya. Kamu bisa membuatnya dengan menggunakan Excel. Ini merupakan Tehnik dasar dan kamu harus memahami dan menguasainya.

Cara Membuat dan Mengolah Grafik (Charts) Di Excel

Grafik (Charts) sangat di perlukan untuk keperluan Statistik data, jadi alangkah baiknya kamu mempelajari dasar penggunaan Grafik. Dengan begitu kamu akan dengan mudah menguasai data statistik di dalam Ms Excel.

Cara Memulihkan File Document Word, Excel, PowerPoint Yang Belum Tersimpan

Memulihkan File Dokumen Excel bisa kamu lakukan dengan mudah. Contohnya ketika kamu sedang bekerja dengan lembaran Excel kemudian Laptop mati atau mati lampu, Sedangkan kamu belum sempat menyimpan File datanya. Nah kamu bisa memulihkan / mengembalikan data yang tidak tersimpan tersebut dengan cara ini. Jadi jangan panik yah …

Cara Menampilkan Tab Developer di Ms Excel dan Word | Cara Menggunakan Tab Developer

Tab Developer digunakan untuk membuat suatu program atau Fitur yang berhubungan dengan Pemrograman aplikasi. Mudahnya, Tab Deveoper digunakan untuk melakukan pengembangan Data yang kamu buat di Excel. Jadi ketika kamu bekerja dengan Excel khususnya untuk tingkat menengah maka kamu akan membutuhkan Tab Developer ini.

Cara Mengatasi Kesalahan “error not trying to type a formula” di excel

Salah satu contoh ERROR ketika kamu menggunakan REGION adalah seperti pada tutorial ini. Ketika kamu menggunakan Region Indonesia dan kamu menggunakan tanda Koma ” , ” untuk memisahkan Argumen, Maka Rumus Itu akan ERROR.

2 Cara Mencari Nama/Data di Excel dengan Fitur Find & Select

Dengan menggunakan Fitur Find and Select kamu bisa dengan mudah mencari data sesuai yang kamu butuhkan. Kemudian kamu juga bisa mengganti text dengan menggunakan Fitur ini secara cepat dan otomatis (Banyak). Untuk lebih jelasnya silahkan coba dan rasakan bagaimana kemudahannya.

2 Cara Mengurutkan Data di Excel Secara Otomatis

Mengurutkan Data disini maksudnya adalah mengurutkan data dari suatu tabel. Jadi kamu bisa mengurutkan data dari semua tabel sekaligus dengan menggunakan cara ini. Namun Tehnik yang digunakan tetap sama, Dalam cara mengurutkan data ini kamu bisa mengurutkan data dengan menggunakan WARNA tertentu.

3 Cara Mengurutkan Data di Excel Secara Otomatis | Angka, Teks & Tanggal

Dengan menggunakan Fitur Sort kamu bisa dengan mudah mengurutkan data di excel. Sebagai contoh, Kamu bisa mengurutkan text dari A-Z atau sebaliknya. Atau kamu juga bisa mengurutkan tanggal secara tersusun.

8 Fungsi Excel untuk Membuat Rumus Tanggal Otomatis di Excel

Rumus tanggal otomatis ini bisa kamu buat di Excel. Nah penggunaan Fungi Excel untuk rumus tanggal otomatis ini merupakan fungsi dasar yang harus kamu kuasai. Dengan begitu ketika kamu membuat suatu projek yang berkaitan dengan tanggal maka kamu akan bisa dengan mudah menerapkan rumus yang sesuai.

2 Cara Mewarnai Cell Secara Otomatis di Excel | Sel Kosong dan Indikator Warna

Mewarnai Sel secara otomatis di perlukan untuk membuat suatu data dengan kondisi tertentu. Contohnya ketika kamu membuat suatu absensi otomatis. Maka kamu membutuhkan Sel yang berwarna sesuai kondisi siswa di kelas. Jika siswa hadir maka sel nya akan berubah warna menjadi biru dan lain sebagainya.

Cara Menghitung Usia Terakumulasi Tahun, Bulan dan Hari dengan Rumus Excel

Kamu bisa menghitung Usia dengan Excel. Contohnya kamu lahir pada 22 Juni 1997 dan sekarang tanggal 11 February 2021 maka kamu bisa menghitung usia kamu dari mulai hari, Bulan dan tahun. Nah dengan cara ini kamu bisa menghitung umur secara detail.

2 Cara Mudah Membuat Drop Down List di Excel

Drop-down list digunakan untuk mengentri data sesuai kriteria tertentu. Dengan menggunakan Drop-down list, kamu tidak perlu mengetik ulang data yang sudah ada. Kamu hanya tinggal memiliki data dari Drop-down list dan kemudian data tersebut akan terisi secara otomatis dan cepat.

Cara Membuat Tombol di Excel Untuk Mencari dan Menampilkan Data (Tombol Filter)

Kamu bisa membuat tombol yang di fungsikan untuk mencari data di excel. Jadi dengan menggunakan tombol ini kamu bisa dengan mudah mencari data di excel. Dengan 1 klik pada tombol maka datanya akan muncul semuanya. Hebat dan mudah bukan ???.

3 Cara Menghitung Persentase (%) di Excel | % Diskon % Uang

Menghitung Persentase di excel sama halnya dengan menghitung persentase dalam rumus matematika. Namun dengan menggunakan Excel kamu akan lebih di mudahkan dalam penggunaannya. Karna kamu hanya perlu memasukan Nilai serta rumus sederhananya.

Cara Menghitung Pajak Penjualan Barang di Excel

Penghitungan Pajak di butuhkan untuk pekerjaan penjualan barang atau pekerjaan di suatu perusahaan. Namun meskipun kamu belum membutuhkannya, Kamu tetap harus mempelajarinya dengan baik. Rumus pajak ini di buat dengan sederhana dan jelas agar bisa di ikuti dengan mudah.

Cara Menghitung Diskon Dengan Rumus IF di Excel | Menghitung Persentase Diskon

Diskon digunakan dalam perhitungan penjualan barang. Biasanya di perusahaan atau pabrik atau Toko menyediakan Diskon untuk para pembeli. Nah diskon tersebut sudah di tentukan oleh perusahaan dan kamu bisa menghitung diskon sesuai dengan ketentuan yang di berikan oleh perusahaan.

Cara Menghitung Bonus Penjualan Barang Dengan Rumus IF di Excel

Setelah menghitung Diskon, Kamu juga membutuhkan Bonus pembelian barang. Setelah diskon, Biasanya suatu perusahaan akan memberikan Bonus berupa barang yang akan di berikan jika pembeli membeli barang dengan total biaya yang sudah di tentukan.

Cara Menghitung Bunga Angsuran Kredit Barang di Excel | Persentase Bunga

Dalam jual beli produk, Biasanya ada Barang yang bisa di beli dengan cara KREDIT. Nah kredit barang tentunya memiliki bunga per angsurannya. Maka kamu bisa dengan mudah menghitung angsuran barang tersebut dengan menggunakan rumus fungsi excel.

Rumus Excel Untuk Menghitung Tanggal Jatuh Tempo Kredit Barang (Per Minggu)

Angsuran Kredit barang tentunya memiliki tanggal jatuh tempo sesuai dengan yang di sepakati. Nah dengan rumus excel kamu bisa menghitung tanggal jatuh temponya. Rumus yang digunakan adalah rumus sederhana yang bisa dengan mudah kamu ikuti.

3 Cara Menghitung Selisih Antara Dua Waktu di Excel | Jam, Menit, Detik

Menghitung Selisih di antara 2 waktu biasanya digunakan dalam pembuatan aplikasi Kos, Rawat inap, Rental, dan lainnya. Namun jikalau di dunia kerja khususnya di perusahaan, Maka rumus ini digunakan untuk menghitung Gaji perjam kerja karyawan. Nah dengan begitu, Rumus cara ini sangat di perlukan untuk persiapan kerja.

4 Cara Menghitung Selisih Antara Dua Tanggal di Excel | Tahun, Bulan, Minggu, Hari

Menghitung Selisih di antara 2 waktu ini sering digunakan dalam pembuatan aplikasi rawat inap, Kos, dan Rental Namun Rumus ini juga sangat membantu ketika kamu bekerja di perusahaan atau tenaga administrasi perkantoran. 

Cara Memproteksi dan Unprotect Sheet, Cells, Workbook Excel

Menganmankan File Excel sangat penting untuk dilakukan, Kamu bisa mengamankan File excel agar tidak ada orang lain yang bisa membuka atau mengedit File Excel yang kamu buat. Kemudian kamu juga bisa membuka Kunci keamanannya dengan menggunakan Password yang telah kamu buat sebelumnya.

2 Cara Membuat Watermark Bentuk Tulisan dan Gambar di Excel

Selain dengan menggunakan Cara Proteksi File Excel, Kamu juga bisa menggunakan Watermark dalam File Excel yang dibuat. Fungsinya sama, Yaitu untuk mengamankan File Excel, Namun Watermark hanya akan menandai projek saja dan masih bisa di edit oleh orang lain (Kecuali kalau sudah di Print).

Cara Menggunakan Rumus Fungsi VLOOKUP Beda Sheet di Excel

Menggunakan Rumus VLOOKUP bisa digunakan untuk Sheet yag berbeda. Untuk mempelajarinya kamu bisa belajar disini. Nah Fungsi VLOOKUP ini sangat penting untuk keperluan Pekerjaan Administrasi perkantoran khusunya di perusahaan. jadi Pelajari dengan baik serta kembangkan.

Rumus Excel Untuk Mengambil Data dari Tabel | Rumus VLOOKUP

Mengambil data dari tabel merupakan hal dasar yang harus kamu kuasai. Dalam berbagai pekerjaan yang menggunakan Ms Excel, Pasti ada data yang harus di ambil dari suatu tabel ke tabel lainnya. Maka dengan begitu kamu harus menguasai Rumus Excel ini dan kembangkan sesuai logika yang kamu kuasai.

Rumus Excel Untuk Menampilkan Data dari Sheet Lain

Ada beberapa Sheet yang bisa kamu gunakan di Excel. Jadi ketika kamu berpindah Sheet maka kamu masih bisa mengambil data dari Sheet lain dengan cepat dan mudah. Cara ini menggunakan Rumus yang sederhana serta tehnik yang cocok untuk pemula.

Cara Mengambil Data dari Sheet Lain dengan Kriteria Tertentu di Excel

Selain menampilkan data dari sheet lain. Kamu juga bisa menampilkan dan mengambil data dari sheet lain dengan mudah. Kemudian Dalam pengambilan data tersebut kamu bisa memiliki Kriteria tertentu sesuai dengan kebutuhan. Nah dengan begitu kamu bisa dengan bebas menggunakan banyak sheet dalam Ms Excel.

Cara Menampilkan Data Sesuai Dengan Kriteria Tertentu di Excel

Kamu bisa menampilkan data dengan Kriteria tertentu. Maksudnya, Ketika kamu membuat suatu tabel data dan kemudian ada banyak kriteria di dalamnya maka kamu bisa menampilkan data tersebut sesuai kriteria yang kamu tentukan. Hal itu akan memudahkan kamu dalam mencari dan menampilkan data di lembar kerja Excel. Terutama jikalau datanya banyak.

Rumus Untuk Memfilter Data Sesuai Kriteria Nilai Sel Kosong di Excel | IFERROR, INDEX, IF, COUNTIF

Dengan menggunakan Rumus ini kamu bisa memfilter data Kosong. Maksudnya, ketika kamu membuat suatu kumpulan data di excel dan ada beberapa sel kosong (belum terisi) maka kamu bisa mencari sel tersebut dan menandainya. Untuk lebih jelasnya, Cek tutorialnya dan pahami yah.

Cara Menghitung Nilai Peringkat (GRADE) Dengan Fungsi IF di Excel

Menghitung Nilai Grade / Peringkat bisa dilakukan dengan menggunakan Rumus Fungsi Excel. Nilai Grade ini seperti, Jika nilai siswa >80 maka siswa mendapatkan Grade “A”. nah kamu bisa menggunakan Fungsi IF untuk membuat logika tersebut.

Cara Otomatis Membuat Form Input di Excel Tanpa Macro VBA

Form Inpun digunakan untuk mengentri data dengan mudah dan cepat. Dengan menggunakan Form input Otomatis kamu bisa dengan mudah mengentri data meskipun data yang di entri berjumlah ratusan bahkan ribuan sekalipun akan mudah jika menggunakan cara ini.

Pengertian dan Fungsi VBA Macro Excel

VBA Macro merupakan pemrograman yang bisa kamu gunakan di Excel. dengan menggunakan VBA kamu bisa membuat suatu Fitur atau aplikasi dengan mudah dan sederhana. Dalam artikel ini kamu akan belajar mengenai pengertian serta fungsi VBA Excel.

13 Komponen VBA Macro Excel Beserta Contoh & Penjelasannya

Setelah mempelajari Pengertian dan Fungsi VBA Macro Excel, Maka langkah selanjutnya adalah dengan mempelajari Komponen yang ada pada VBA Macro Excel.

Cara Print File Excel Agar Tidak Terpotong dan Hasilnya Rapi

Biasanya ketika membuat suatu Projek di Excel, Banyak User yang kesulitan ketikan melakukan Print Out Dokumen. Biasanya File yang di print terpotong sebagian, Nah dengan menggunakan cara ini maka di jamin semua lembar pada file Excel akan tercetak dengan baik dan rapi.

Cara Mudah Menggunakan Scenario Manager di Excel | Membuat Scenario

Scenario / Fitur Scenario digunakan untuk melihat dan menganalisa suatu kondisi yang akan di ambil. Sebagai contoh, Kamu bisa menganalisa beberapa kemungkinan dengan kondisi yang berbeda dengan cepat dan mudah.

Cara Menganalisa Data Bunga Pinjaman dengan Fungsi PMT di Excel

Fungsi PMT ini mungkin terdengar asing di telinga kalian. Namun Fungsi PMT ini bisa kamu gunakan untuk menganalisa data keuangan, Yang tentunya akan bermanfaat untuk pekerjaan di perkantoran modern saat ini. 

Cara Menghitung Biaya Rawat Inap Klinik Persalinan dengan Rumus VLOOKUP di Excel

Ini merupakan tutorial Ms Excel Tingkat menengah yang harus kamu kuasai. Penggunaan Rumus VLOOKUP sangat penting untuk keperluan pekerjaan Administrasi Perkantoran khususnya di bidang akutansi dan keuangan. Maka Pelajari dengan Benar tutorial ini yah.

Setelah kamu mempelajariTutorial  Dasar hingga menengah. Maka kamu siap untuk Mempersiapkan diri untuk belajar Ms Excel Untuk Administrasi Perkantoran Modern.

Rumus Excel Untuk Administrasi Keuangan yang sering digunakan di Perusahaan

Dalam Tutorial ini ada lebih daro 10 Tutorial yang bisa kamu pelajari. Semua tutorialnya digunakan untuk Administrasi keuangan yang sering di gunakan di perusahaan besar ataupun kecil. Kamu harus menyiapkan semua rumus Fungsinya, Agar ketika nanti bekerja kamu akan bisa dengan mudah menyiapkan data yang di perlukan oleh atasan.

Tutorial Ms Excel Untuk Administrasi Perkantoran [Lengkap]

Yang terakhir, ada 15++ Tutorial yang khusus digunakan dalam dunia perkantoran Modern. Kamu akan belajar mengenai surat menyurat, Administrasi keuangan serta tutorial administrasi lainnya. Dengan menggunakan tutorial ini kamu akan siap untuk belajar di Perusahaan Besar.

Baca Juga : Tutorial Ms Word Untuk Administrasi Perkantoran [Lengkap]

Tinggalkan komentar

x