8 Fungsi Multimedia Pembelajaran | Pendidikan Kreatif

Neicytekno.net – Multimedia Pembelajaran merupakan bagian terpenting dalam Bidang Pendidikan Modern. Multimedia Pembelajaran memiliki Fungsi untuk melengkapi atau mengganti proses pembelajaran yang terkesan membosankan.

Fungsi Multimedia Pembelajaran

Fungsi Multimedia Pembelajaran memiliki beberapa Point diantaranya adalah untuk merangsang Indra peserta didik sehingga mampu memberikan nilai lebih dalam setiap kegiatannya. Dengan begitu Peserta didik akan lebih kreatif dan komunikatif di setiap pelajaran yang dilakukan.

Fungsi Multimedia Pembelajaran

Multimedia Pembelajaran memiliki Fungsi yang sangat penting untuk kegiatan belajar mengajar di sekolah. Berikut merupakan beberapa Fungsi Multimedia Pembelajaran : 

Menarik Minat / Perhatian

Manusia memiliki kecenderungan yang sulit untuk “Mengingat” suatu kejadian atau pembelajaran. Multimedia Pembelajaran memberikan Rangsangan Daya Ingat untuk setiap penggunanya. Hal itu dikarnakan Multimedia Pembelajaran merupakan gabungan dari pandangan, Suara dan Gerakan. Dengan begitu, Daya ingat pengguna akan lebih di optimalkan dan sudah pasti akan menarik minat dan perhatian dari semua orang.

Interaktif

Multimedia Pembelajaran memiliki sifat yang interaktif. Pengguna akan diberikan hubungan dua arah di antara sistem dan pengguna. Dengan begitu, Pengguna seakan-akan sedang belajar dengan guru yang nyata. Dengan menggunakan Multimedia Pembelajaran, Peserta didik tidak akan merasa bosan untuk terus belajar.

Memperjelas Informasi / Objek

Dengan menggunakan Multimedia Pembelajaran, Kita bisa memperjelas segala informasi yang di butuhkan dengan sangat mudah. Kemudian Objek  bahan ajar juga bisa di perjelas seperti menggunakan Gambar dan animasi Dinosaurus untuk memperlajari sejaranya dan lain sebagainya.

Komunikatif

Multimedia Pembelajaran dibersifat Komunikatif. Dalam penggunaan Multimedia Pembelajaran selalu menggunakan Gambar atau animasi untuk memberikan informasi. Hal itu memudahkan pengguna dalam memahami setiap pelajaran yang diberikan. 

Mudah Melakukan Perubahan

Dalam Multimedia Pembelajaran, Kita bisa melakukan perubahan dengan sangat mudah. Misalnya ketika informasi berkembang maka kita harus mengUpdate informasi yang digunakan dalam Multimedia Pembelajaran.

Merangsang Indra

Multimedia Pembelajaran bersifat Multi-Sensorik, Hal itu dikarnakan banyak merangsang indra pengguna. Dengan begitu semua indra yang terdapat pada manusia (pengguna) akan di rangsang sehingga menjadi lebih baik.

Media Alternatif

Multimedia Pembelajaran merupakan metode pembelajaran yang menyampaikan suatu informasi melalui Teks, Video, Audio, Gambar, Animasi dan lainnya. Dengan begitu Multimedia Pembelajaran bisa menjadi alternatif untuk proses pembelajaran yang lebih menyenangkan dan menghibur untuk semua penggunanya.

Meningkatkan Kualitas Penyampaian Informasi

Multimedia Pembelajaran memberikan kualitas penyampaian informasi yang sangat baik. Kita bisa menggunakan Media Interaktif untuk memberikan informasi secara jelas dan menarik. Kemudian dengan menggunakan Multimedia Pembelajaran maka akan menghilangkan kejenuhan peserta didik dalam proses belajar mengajar. 

Nah itu merupakan Fungsi dari Multimedia Pembelajaran. Multimedia Pembelajaran sangat bermanfaat untuk proses belajar mengajar. Untuk itu, Alangkah baiknya jikalau kita menggunakan Multimedia Pembelajaran untuk melengkapi Proses Pembelajaran yang dilakukan di sekolah atau lingkungan belajar mengajar.

Baca Juga : 

Tinggalkan komentar

x