Cara Print Bolak Balik PDF dan Word Dengan Mudah

 Neicytekno.net    –    Print sebuah dokumen merupakan aktivitas yang sering dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Print dokumen memerlukan perangkat yang bernama Printer. Dengan Printer kita bisa merubah softfile (data digital) menjadi hardfile atau berkas fisik.

Seperti yang kita ketahui bahwa print dokumen bisa menggunakan cara manual dengan masuk menu “File — Print” atau bisa juga menggunakan kombinasi tombol keyboard “Ctrl + P” kemudian print dokumen tersebut.

Namun, banyak yang masih bingung cara print dokumen bolak-balik atau print dokumen di kedua sisi kertas HVS, terutama file PDF yang biasanya sulit di print secara bolak balik. Perlu diketahui bahwa file pdf biasanya dibuat menggunakan word maka jika kita susah print dokumen berformat pdf, kita buka saja menggunakan aplikasi Word karena akan sama. simak dua cara print bolak balik file word dan pdf berikut ini :

Print Dokumen Word Bolak Balik Secara Manual (Satu-satu)

Print Manual Word Bolak Balik


  • Pertama buka file document (word) yang akan di print
  • kemudian masuk menu “File–Print” (Ctrl+P)
  • kemudian pilih printer yang akan digunakan
  • pilih “Manually Print On Both Slides
Setelah print dihalaman pertama berhasil maka akan muncul notifikasi untuk memulai print ke halaman kedua, pastikan memasukan kertas halaman pertama dengan posisi sudah terbalik.

Print PDF Bolak Balik Dengan Cepat

caranya masih sama dengan namun dalam beberapa kasus pdf tidak terintegrasi layanan print bolak balik, untuk mengatasi hal tersebut kita harus membuka file pdf tersebut di aplikasi Word terlebih dahulu.
Caranya “klik kanan file pdf — open with — Choose another app — pilih aplikasi Word”

Cara Membuka File PDF menggunakan Word

Setalah file tersebut terbuka kita bisa Print langsung seperti biasa menggunakan “Ctrl+P” atau masuk menu “File–Print”.

Print Otomatis Bolak Balik File Pdf

  • Pilih salah satu ” flip pages on long edge atau fill pages on short edge”
  • kemudian Print 
Flip pages on long/Short edge sama saja yang membedakan cara memasukan posisi kertas untuk halaman keduanya nanti, posisis kertas haruslah sesuai dengan apa yang kita pilih (long/short). Untuk posisi kertas Long (panjang) kita hanya perlu memindahkan sisi kanan ke sisi kiri saja dan memasukannya ke printer dan mulai print halaman keduanya. sedangkan untuk Short kita balikan posisi atas menjadi bawah begitu juga sebaliknya dan lanjutkan print halaman kedua.

Tinggalkan komentar

x