Widget HTML #1

Pengertian dan 7 Komponen Kriptografi Menurut Ahli

Neicytekno.net - Kriptografi (Cryptography) merupakan suatu Text Rahasia yang digunakan untuk menjaga suatu pesan ketika pesan dikirimkan dari suatu tempat ke tempat lain yang menjadi tujuan.

Pengertian dan 7 Komponen Kriptografi Menurut Ahli

Pengertian Kriptografi (Cryptography)

Secara Formalnya, Kriptografi (Cryptography) berasal dari 2 kata yaitu Kripto dan Graphia. Kripto memiliki arti "Rahasia" sedangkan Graphia memiliki arti "Tulisan". jadi jika di gabungkan maka  Kriptografi merupakan seni atau ilmu yang digunakan untuk menjaga keamanan Tulisan/Pesan ketika pesan dikirim dari suatu tempat ke tempat Tujuan.

Komponen Kriptografi (Cryptography)

Ada 7 Komponen Kriptografi yang harus kamu pelajari sebagai dasar dari keamanan sistem dan multimedia. Berikut merupakan Komponen Kriptografi beserta penjelasannya :

Enkripsi

Enkripsi merupakan suatu pesan yang telah dirubah kedalam bentuk kode. Pesan aslinya disebut Plaintext yang nantinya akan di proses menggunakan Algoritma sehingga menghasilkan suatu Enkripsi yang tidak akan bisa di baca oleh orang yang tidak berhak. Contohnya kamu menuliskan Kalimat/Kata "Rahasia" maka setelah di enkripsi kata tersebut akan berubah menjadi bentuk lain seperti "aisahar".

Deskripsi

Deskripsi merupakan kebalikan dari proses Enkripsi. Deskripsi akan mengembalikan pesan yang telah di enkripsi (Pesan dalam bentuk kode) ke pesan dalam bentuk Plaintext (Pesan Asli). jadi Pesan yang berbentuk "Kode" akan dirubah kembali kedalam bentuk "Plaintext" atau pesan asli. Nah proses tersebut dinamakan Deskripsi.

Kunci (Key)

Kunci (Key) digunakan untuk mengamankan Proses Enkripsi dan Deskripsi. Kemudian ada 2 jenis kunci yaitu kunci Pribadi dan Umum. Nah dengan menggunakan kunci ini di harapkan proses enkripsi dan deskripsi bisa aman dan terkendali dengan baik.

Chipertext

Chipertext merupakan seuatu Tulisan / Pesan yang sudah melalui proses Enkripsi. Nah Bentuk dari Chipertext ini beragam dan tidak memiliki arti. Contohnya Tulisan "Multimedia" ketika di enkripsi menjadi "diametimul". Nah Tulisan "diametimul" di sebut dengan Chipertext.

Plaintext

Plaintext merupakan pesan asli yang belum di proses menjadi kode Chipertext. Plaintext berbentuk tulisan yang jelas dan memiliki arti. Nantinya Plaintext akan di proses dan di enkripsi menggunakan Algoritma sehingga bentuknya berubah menjadi Chipertext / Kode yang tidak memiliki arti.

Pesan

Pesan merupakan sederet tulisan yang di tulis secara jelas dan mengandung Informasi. Pesan akan di kirimkan kepada orang yang berhak. Nah Pesan ini nantinya akan di enkripsi juga, Agar keamanannya terjamin hingga penerima yang "Benar" menerima pesannya.

Cryptanalysis

Suatu analisis yang dilakukan untuk mencari arti dari Chipertext yang diterima. Jadi dengan menggunakan analisis data yang benar kita mampu memahami isi pesan yang diterima. Cara ini digunakan oleh para analisis untuk mencari kelemahan dari proses kriptografi. Sehingga nantinya Enkripsi dan Deskripsi Pesan akan berjalan dengan baik tanpa ada celah untuk orang lain meretasnya.

Nah itu merupakan sedikit penjelasan mengenai pengertian dan Komponen Kriptografi. Pembahsan di atas hanya sebatas bagian besarnya saja, Karna jika dijelaskan secara rinci akan membutuhkan waktu yang sangat panjang. Untuk itu penulis sarankan untuk membeli Buku Keamanan Sistem Komputer/Multimedia untuk mempelajari lebih lanjut mengenai Pengertian serta komponen Kriptografi.

Semoga penjelasan di atas bisa memberikan sedikit pencerahan kepada teman-teman semuanya. Tulisan di atas di tulis sesuai yang penulis pelajari di sekolah dengan bantuan buku referensi juga (Ketika sekolah).

Baca Juga : 

Post a Comment for "Pengertian dan 7 Komponen Kriptografi Menurut Ahli"

close