Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

Menghubungkan Dua Komputer Menggunakan Switch - Cisco Packet Tracer

Neicytekno.net    - Cisco paket tracer adalah simulasi pembuatan berbagai topologi jaringan yang bisa meniru dan membuat topologi jaringan komputer. Seperti namanya Cisco memang di kembangankan oleh salah satu perusahaan produk jaringan yaitu Cisco. Dengan adanya aplikasi simulasi jaringan seperti ini kita bisa dengan mudah membuat topologi jaringan yang sangat sama dengan topologi jaringan pada kenyataanya.

Dengan menggunakan simulasi topologi jaringan kita bisa mengetahui berhasil atau tidaknya kita dalam membuat topologi jaringan komputer. Contohnya kita akan membuat sebuha topologi jaringan sederhana yang biasa kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari, yaitu menghubungkan dua buah komputer dengan menggunakan switch/hub pada jaringan tersebut. kita bisa mensimulasikanya menggunakan Cisco packet tracer sebelum kita menerapkanya pada kehidupan yang nyata.

Pertama buka aplikasi cisco paket tracer, kemudian tambahkan dua buah komputer pada menu "end device" kemudian tambahkan "pc" atau "laptop".

Cara Menambahkan PC dan Laptop di Cisco Paket Tracert

Kedua, tambahkan switch yang terletak di menu "network device" kemudian pilih "swithces" dan gunakan switch 2960.

cara menambahkan switch yang ada port ethernetnya

Kemudian, agar bisa saling terhubung kita harus menambahkan kabel LAN yang berpusat di Switch, caranya tekan icon "connection" dan pilih kabel yang akan kalian gunakan, bisa menggunakan straight ataupun bisa menggunakan kabel otomatis.

cara menghubungkan switch dengan pc

Kemudian, setelah kabel saling terhubung, kita harus menyetting alamat IP dari kedua komputer agar bisa saling terhubung dan saling mengirim pesan, caranya tekan PC0 kemudian masuk menu "Desktop -- IP configuration" kemudian gunakan mode "static" kemudian isi:

cara menambahkan alamat ip address di cisco packet tracer terbaru

ipv4 address    : 192.168.1.1

subnet mask    : 255.255.255.0

Lakukan hal yang sama di PC1 dengan alamat ip yang berbeda yaitu:

cara menambahkan ip pada pc

ipv4 address    : 192.168.1.2

subnet mask    : 255.255.255.0

Dengan begitu kedua komputer (PC0 dan PC1) sudah dapat saling terhubung, untuk membuktikanya kita bisa menggunakan command prompt (cmd) ataupun menggunakan fitur message.

Cek koneksi menggunakan cmd di PC0 yang ber-IP 192.168.1.1, masuk menu "Desktop -- Command Prompt" kemudian ketikan "ping 192.168.1.2" maka jika sudah terhubung akan mendapatkan status "reply" 

cara cek koneksi menggunakan cmd

Cek Koneksi Menggunkan fitur message, caranya tekan icon "amplop" dan kirim pesan dari PC0 ke PC1 dan sebaliknya, jika berhasil maka akan mendapatkan notifikasi :Successfull"

cara mengirim pesan di pc pada cisco packet tracer
Cukup simple dan mudah kan, begitu juga ketika pada fisik nyatanya agar setiap komputer dapat terhubung kita harus menambahkan kabel dan alamat ip yang sesuai (se-network) dan tidak perlu menggunakan gateway karena hanya ada satu jalur saja.

Baca juga : Download Modul Konfigurasi Mikrotik [Pdf]

Post a Comment for "Menghubungkan Dua Komputer Menggunakan Switch - Cisco Packet Tracer"

Berlangganan via Email