Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget Atas Posting

4 Cara Membuat PPT yang Baik dan Benar

Neicytekno.net - Mungkin tidak banyak yang mengetahui Cara Membuat PPT yang Baik dan Benar. Karna aplikasi PowerPoint hanya digunakan oleh mereka yang memiliki kepentingan dalam Presentasi saja. Bahkan Penulis hanya menggunakan PPT dalam Tugas Kuliah saja.

Selama menggunakan PowerPoint, Penulis mendapati beberapa Point penting yang mungkin bisa membantu Presentasi kamu menjadi lebih Baik. Semua ini penulis dapatkan ketika duduk di bangku Kuliah.

Cara Membuat PPT yang Baik dan Benar

Ada beberapa hal yang harus di perhatikan ketika membuat PPT atau File Presentasi PowerPoint. Berikut Ulasannya : 

Tentukan Konten Presentasi

Sebelum memulai membuat suatu Slide Presentasi (PPT), Kamu harus menentukan Konten/Materi apa yang akan di Presentasikan. Semua bahan yang digunakan Harus Siap dalam segi tertulis atau pemahaman Pribadi dalam diri.

Perlu di Ketahui Bahwa Baik atau Buruknya Presentasi bukan di tentukan dari Desain Tema/Templatenya, Namun dari pemahaman pembuat Presentasi itu sendiri. Setiap Point yang digunakan dalam Slide harus di pahami dengan baik, Kemudian kamu bisa menentukan Desain dari Tema yang akan digunakan.

Tema/Template yang digunakan harus sesuai dengan KEBUTUHAN bukan menurut Template yang kamu sukai. Jadi Sesuaikan Konten dengan Tema/Template serta utamakan kenyamanan Audiens.

Tema / Template PowerPoint
Cara Membuat PPT yang Baik dan Benar

Pemilihan Tema/Template dalam pembuatan Presentasi PowerPoint memiliki peranan yang sangat penting. Tema akan memberikan kesan Menarik serta kesesuaian dengan Materi Presentasi. Namun perlu di ketahui bahwa dalam penggunaan Tema tidak boleh menggunakan Produk Orang lain tanpa memiliki izin dari pemiliknya.

Ada Beberapa cara yang bisa kamu gunakan, Yaitu : 

  • Menggunakan Tema/Template Custom
    Kamu bisa membuat sendiri Tema yang akan digunakan, Contohnya adalah dengan menggunakan kolaborasi warna.
  • Menggunakan Tema Gratis dari PowerPoint
    Gunakan Tema/Template Default PowerPoint. Kamu bisa  memilihnya di bagian File > New.
  • Tanpa Desain (Polos, Warna Putih)
    Dalam Presentasi, Kamu juga bisa menggunakan Tema yang serba Putih atau tanpa Desain. Cara ini penulis gunakan ketika dalam Presentasi Proposal Skripsi.
Jika kamu ingin menggunakan Tema atau Gambar milik orang lain, Maka kamu harus menuliskan SUMBER -nya di bagian Slide Presentasi.

Slide Presentasi
Slide PowerPoint

Slide Presentasi harus memilki ke Beragaman. Kamu bisa menggunakan beberpa Layout Slide dan di sesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai contoh, Antara Slide Halaman Pertama dan Slide pembahasan harus ada perbedaan.

Untuk menambahkan atau mengganti Slide, Bisa dilakukan di bagian Tab Home > New Slide untuk menambahkan Slide Baru, atau gunakan Tab Home > Layout untuk mengganti Layout Slide Presentasi.

Beberapa Cara di bagian Slide PPT : 
  • Gunakan Warna yang berbeda atau Desain yang berbeda di setiap Slide nya.
  • Penggunaan Align Text sangat penting, Jadi usahakan agar bisa Rata Huruf serta terorientasikan dengan Konsisten.

Jangan Terlalu Banyak Konten

Dalam pembuatan PPT, Konten atau Materi yang digunakan jangan terlalu banyak. Kamu hanya perlu Pokus ke bagian Point pentingnya saja. Jadi Point pentingnya di tuliskan pada bagian Slide Presentasi, dan Sisanya di Bicarakan atau di sampaikan secara langsung.

Perlu di ketahui bahwa Slide PowerPoint (PPT) digunakan sebagai alat bantu Presentasi. Dan bukan Presentasi itu sendiri.

Nah Cara Membuat PPT yang Baik dan Benar di atas, Dibuat sesuai dengan pengalaman Penulis ketika masih duduk di bangku Kuliah. Jadi Cara di atas bisa digunakan dalam pembuatan PowerPoint (PPT) Tugas Sekolah ataupun untuk Seminar Proposal.

Baca Juga : 

Post a Comment for "4 Cara Membuat PPT yang Baik dan Benar"

Berlangganan via Email