Merubah DNS Modem Indihome Menjadi DNS Google dan Cloudflare

Neicytekno    –   Domain Name System (DNS) merupakan salah satu layanan dalam dunia jaringan internet maupun jaringan lokal, dengan adanya dns mempermudah kita dalam komunikasi antar server yang berbeda-beda alamat ip, seperti ketika kita mengakses situs tertentu di kolom URL, kita tidak perlu tahu bagaimana proses komputasi itu berjalan sampai menemukan alamat yang tepat.

Pada setiap jaringan internet selalu menggunakan dns untuk mempercepat komunikasi yang terjadi, salah satunya yang tertanam pada router-router penyedia layanan internet salah satunya adalah plat merah indihome yang biasanya menggunakan DNS khusus. 

Namun pada beberapa kasus DNS yang dimiliki indihome dinilai lebih lambat dari dns pihak ketiga seperti Cloudflare, Google, dan open dns. Hal ini seringkali menimbulkan keresahan bagi beberapa pengguna internet. Salah satu masalah yang sering terjadi pada dns indi adalah tidak bisa membuka gambar/video pada website tertentu. 

Untuk mengatasi itu kita bisa merubah DNS yang digunakan router indihome, terutama router ZTE F609 menjadi DNS dari pihak ketiga. Caranya:

  1. Pertama sambungkan laptop/komputer ke jaringan wifi indihome.
  2. kemudian, buka aplikasi pencarian seperti Chrome, dan ketikan di kolom URL Gateway dari Router yang kalian gunakan. misalnya 192.168.1.1
  3. kemudian masukan username dan password  (user – user)/sesuaikan dengan router yang kalian gunakan.
    Cara Masuk ke localhost router ZTE F609

  4. setelah itu masuk ke menu ” Network — LAN — DHCP server”
  5. kemudian hilangkan centang pada “assign ispDNS”
  6. kemudian ganti DNS server 1-3 dengan DNS google (8.8.8.8) (8.8.4.4) dan juga bisa menambahkan menggunakan DNS cloudflare (1.1.1.1).
    Cara merubah DNS pada Router INDihome

  7. kemudian tekan “submit”
Cara ini akan membuat setiap client/perangkat yang terhubung dengan router ZTE F609 otomatis mendapatkan DNS yang telah kita sesuaikan diatas yaitu DNS dari google dan cloudflare. 

Tinggalkan komentar

x