Memperluas Wifi Indihome Tanpa Kabel Menggunakan Tenda N301

Neicytekno    – Jaringan wifi yang kita miliki dirumah terutama yang mengggunakan router indoor biasanya hanya mampu mengcover wilayah 10m-20 meter saja dengan catatan minim halangan seperti tembok, pohon, dll. Terkadang disatu rumah saja kita memasang beberapa router access point dengan media kabel agar mendapatkan kualitas sinyal yang bagus.

Memperluas jangkauan sinyal wifi sebenarnya sudah tidak memerlukan kabel, banyak router access point yang sudah menyediakan beragama fitur seperti WISP, Repeater/range extender, dll. yang bisa kita gunakan untuk memerluas jaringan wirles tanpa menggunakan kabel jaringan (LAN/FO).

Dengan Rp.150.000,- bahkan bisa kurang (tergantung marketplace) kita bisa mendapatkan access point yang mampu untuk memperluas jaringan wifi rumah kita, yaitu dengan membeli Router Tenda N301. Kita bisa memperluas jaringan wifi rumah dengan cara sebagai berikut:

1. Pertama kita sambungkan laptop/pc kita ke jaringan wifi kita (tidak perlu ada internet, asal tersambung saja)

2. kemudian buka aplikasi pencarian seperti google chrome, opera atau sbg. lalu ketikan di kolom URL alamat ip gateway dari Tenda N301 yaitu 192.168.0.1 atau bisa juga menggunakan DNS sebagai pengganti alamat IP yaitu Tendawifi.com.

3. Kemudian login untuk masuk ke localhost menggunakan password yang digunakan biasanya (admin). Namun pada router baru/belum pernah disetting sebelumnya tidak menggunakan password.

4. Setelah itu masuk kemenu “Internet Settings” dan pilih operation Mode “Universal Repeater” 

Repeater Tenda N301


5. Pilih SSID/nama wifi yang akan kita perluas jaringannya, dan masukan kata sandinya dengan benar

Memperluas Jaringan Wifi


6. tunggu proses rebooting sampai selesai.

Berhasil Universal Repeater


Nahhh Proses penyebarluasan jaringan wifi sudah selesai, kita bisa memanfaatkan tenda n301 sebagai penguat sinyal sampai jarak 30-50 meter lebih jauh dari pusat dengan hara 150ribuan tanpa menggunakan kabel, yang terpenting kita harus menempatkan tenda n301 di tempat yang strategis dalam hal ini adalah minimnya halangan didepanya.

Nahh dalam artikel ini belum menjelaskan bagaimana cara merubah SSID nya, karena akan terlalu panjang dan membuat pusing pemula apabila disatukan, untuk itu kami membuatkanya di halaman lain, Disini.

Semoga bermanfaat…

Baca Juga : Cara Setting Mikrotik Lengkap Untuk Pemula – Buka Usaha sendiri

Tinggalkan komentar

x