Blok Alamat IP Tertentu di Mikrotik Menggunakan HP – MikroTik Pro

Neicytekno    ~ Mikrotik merupakan RouterOS yang berguna untuk berbagai keperluan management jaringan seperti routing, firewall, manajemen bandwidth, dsb. MIkrotik sudah banyak digunakan saat ini karena sudah masuk ke kurikulum pendidikan terutama untuk SMK Teknik Komputer Jaringan (TKJ) di Indonesia.
Untuk menggunakan mikrotik kita harus menguasai TCP/IP dasar sebelum mengoprasikan lebih jauh, karena untuk masuk saja kita harus menggunakan alamat ip dan password jika menggunakan. Tapi sekarang sebenarnya tidak perlu masuk sekolah untuk belajar karena banyak orang baik hati yang membagi ilmunya di platform media sosial seperti youtube, fb, blog, forum digital, dll. Atau jika ingin cepat bisa juga kita mengandalkan penyedia jasa setting.
kali ini kita akan membahas bagaimana cara mengggunakan “firewall filter” yaitu firewall yang bisa menyaring paket-paket trafik data yang keluar masuk melewati router mikrotik. Disini kita tidak akan menggunakan PC kita akan menggunakan perangkat smartphone dan aplikasi MikroTik Pro yang bisa di dowload gratis di Plays/App Store.
Kita akan coba logika sederhana blokir alamat ip client tertentu agar tidak bisa mengakses internet atau tidak bisa melewati router, caranya.

1. Pertama sambunkan hp kita yang sudah mendownload MikroTik Pro ke jaringan wifi router mikrotik.
2. kemudian sebelum membuka aplikasi Mikrotik Pro, kita cek dulu alamat ip yang hp kita dapatkan di pengaturan wifi setting, bisa dilihat kita mendapatkan alamat ip 192.168.3.4 dan gateway 192.168.3.1

alamat ip host dan gateway hp android

3. buka aplikasi mikrotik pro dan masuk menggunakan ip gateway router beserta password mikrotiknya (jika menggunakan)
4. kemudian masuk kemenu ” IP — Firewall — Filter Add”

setting firewall mikrotik pro

5. kemudian atur rule blokirnya

rule blok ip mikrotik

  • Tab General
    • chain = forward
    • src.address = 192.168.3.4 ip yang akan diblok (disini kita pakai ip hp kita)
  • Tab Action
    • action = Drop
6. tekan icon “ceklis” dan selesai. hp kita/alamat ip yang di blok tidak akan bisa mengakes router/internet dari router.

Jika ingin hp kita terkoneksi kembali dengan jaringan router maka kita harus mengganti alamat ip hp kita secara manual/static menggunakan ip selain 192.168.3.4 misalnya kita ganti menjadi 192.168..3.33 maka hasilnya hp kita akan terknoneksi kembali.
Setiap client yang menggunakan alamat ip 192.168.3.4 tidak akan terkoneksi dengan jaringan router sebelum kalian menghapus rule tersebut.
 

Tinggalkan komentar

x