Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Cetak Gambar Menggunakan HP di Printer Epson

Neicytekno    - Mencetak gambar atau foto pada printer sudah tidak memerlukan lagi perangkat PC untuk melakukanya, karena dengan Smartphone saja kita bisa langsung mencetak dokumen, foto, atau gambar dengan mudah. Banyak cara untuk menghubungkan printer dengan smartphone baik itu melalui media wireless/bluetooth ataupun kabel dengan tambahan alat yang disebut USB OTG.

USB OTG dapat kita beli dengan mudah baik ditoko online ataupun ofline dengan harga yang sangat terjangkau. Biasanya USB OTG dijual dengan harga Rp.3000 - Rp.15000 tergantung dengan kualitas bahan type dan tokonya. 

Apa itu USB OTG dan Bagaimana Cara Kerjanya?

USB On-The-Go (OTG) merupakan perangkat yang berguna untuk menghubungkan smartphone dengan perangkat lain yang menggunakan USB Male seperti Flashdisk, Mouse, Keyboard, Printer, dll. Dengan menggunakan OTG kita dapat menjadikan smartphone sebagai perangkat yang sama seperti Personal Computer (PC), yaitu dapat terhubung dengan berbagai perangkat yang support USB dan mengeksekusinya seperti melihat, menghapus, dan membuat data dari flashdisk. Kemudian mencetak dokumen dengan cara menghubungkanya dengan printer melalui adapter USB OTG.

Bagaimana Cara Print Gambar menggunakan Smartphone di Printer Epson?
Aplikasi yang digunakan untuk mencetak dokumen di printer Epson
Epson iPrint Cetak Dokumen Dari HP

1. Pastikan smartphone yang akan mencetak gambar sudah ter-install aplikasi "Epson iPrint".
2. Sambungkan smartphone dengan printer menggunakan USB OTG
3. Kemudian buka aplikasi Epson iPrint dan pilih printer gunakan.
4. Setelah itu cari gambar yang akan dicetak dengan menekan menu "Cetak Foto" dan cari foto/gambar yang akan dicetak.
cara mencetak gambar menggunakan hp
Cetak Foto/gambar Epson iPrint

5. Pilih gambar dan sesuaikan kertas yang digunakan dengan menekan icon "gerigi" dan sesuaikan ukuran kertas yang digunakan.
6. Kalian bisa mengatur ukuran gambar/foto dengan cara menekan gambar dengan dua jari lalu atur manual ukuranya (ukuran terkecil sampai dengan 5cm tidak bisa kurang)
7. Setelah sesuai langsung tekan "Cetak" untuk memulai proses printing.
cara mengatur ukuran media gambar atau foto di aplikasi printer Epson iPrint
Setting Ukuran Kertas Epson iPrint


Cara ini khusus untuk pengguna printer Epson, karena setiap merk printer memiliki cara dan aplikasinya tersendiri, cara ini sangat mudah dipraktikan sehingga orang yang masih awam dengan printer/percetakan bisa melakukannya tanpa menggunakan PC.
Mencetak foto/gambar menggunakan smartphone memang tidak sama dengan menggunakan perangkat PC karena banyak fitur yang kita tidak bisa dapat saat menggunakan smartphone dibandingkan dengan menggunakan perangkat PC. Namun keuntunganya juga sangat bermanfaat karena akan lebih flesksibel, mudah, dan hemat listrik karena tidak perlu menggunakan perangkat PC.

Selamat Mencoba dan jangan lupa share jika bermanfaat...!

Post a Comment for "Cara Cetak Gambar Menggunakan HP di Printer Epson"