Setting Printer Epson L1110 Agar Tidak Gelap Saat Print Foto

Neicytekno    – Printer Epson L1110 merupakan salah satu printer yang cocok digunakan dalam usaha percetakan kecil-kecilan. Meskipun masih belum terintegrasi scanner printer L1110 sangat cocok digunakan untuk mencetak foto ataupun dokumen dengan kualitas yang memuaskan.
    Namun sebelum melakukan printing dokument ataupun Foto pastikan menggunakan kertas, Tinta, dan settingan yang tepat agar kualitas yang didipat akan maksimal. Kertas,  jenis tinta yang digunakan dan settingan yang dipilih akan menentukan hasilnya.
    Misalnya kita akan print foto menggunakan Printer Epson L1110 kita yang masih menggunakan Tinta Ori yang pada dasarnya tinta berbahan air/dye, maka kertas yang harus kita gunanakan haruslah kertas yang bisa menyerap tinta tesebut seperti Glossy Foto Paper atau kertas inkjet lainnya. Dengan menggunakan Tinta Ori jangan menggunakan kertas seperti kertas art paper, chromo, atapun kertas yang non-inkjet.
    Untuk settingannya kita bisa menggunakan “Photo Paper Glossy/Epson Matte”.
Namun sering kali ketika kita print foto menggunakan Photo paper glossy gambar menjadi sedikit gelap, untuk mengatasi hal itu kita bisa tambahkan settingan pencahayaanya dengan cara:

1. Buka Foto/gambar yang akan di cetak dan Tekan “CTRL + P”
2. Masuk kemenu “Printer Properties..” 
3. setting kertas dan kualitasnya di menu “main”

cara print Epson menggunakan kertas glossy foto paper

  • Paper Type = Photo PaperGlossy/Epson Matte
  • Quality = Standar
4. kemudian masuk ke menu “more options — color correction — advanced” kemudian atur pencahayaan di menu “color controls” sesuai dengan kebutan foto jika foto terlalu gelap maka peresar pencahayaanya.

cara mengatur pencahayaan di printer epson

5. Tekan Ok dan Print Foto

    Cara ini selalu saya gunakan jika kedapatan pelanggan yang ingin cetak foto namun kualitas foto sedikit gelap atau menggunakan kombinasi warna yang gelap. Cara ini juga sangat berguna jika kalian menggunakan tinta yang bukan ori epson. Kita menggunakan kualitas standar karena itu sudah cukup bagus dan lebih hemat tinta, dan resiko jika menggunakan kualitas hight menggunakan settingan glossy sering kali foto yang dihasilkan menjadi lebih gelap dari foto aslinya.

semoga membantu…



Tinggalkan komentar

x