Fungsi Excel Untuk Menampilkan Formula

Neicy Tekno – Fungsi Excel Untuk Menampilkan Formula yang digunakan di setiap Sel yaitu Fungsi =FORMULATEXT (Sel Referensi). Fungsi ini bisa digunakan untuk menampilkan Rumus/Formula yang digunakan di Excel. Cara ini bisa digunakan untuk membuat suatu tutorial atau pembelajaran yang menjelaskan mengenai Fungsi Excel yang digunakan.

Menampilkan Semua Formula di setiap Sel Excel bisa dilakukan dengan menggunakan Fungsi ini. Anda bisa memperjelas proses pembelajaran excel dengan menampilkan rumus fungsi yang digunakan dalam proses pembelajarannya. Dengan begitu, Para siswa akan cepat mempelajari dan memahami setiap langkah pembuatannya.

Fungsi Excel Untuk Menampilkan Formula dalam Sel

Untuk menampilkan semua formula yang digunakan dalam Sel Excel, Anda bisa menggunakan Fungsi =FORMULATEXT. Fungsi ini sangat mudah digunakan dan hanya menggunakan 1 referensi saja (tidak ada logika lain). Untuk lebih jelasnya, Perhatikan Tutotial di bawah ini.

Cara Menampilkan Rumus/Formula Excel dalam Sel dengan Fungsi FORMULATEXT

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel.
  2. Kemudian siapkan Worksheet yang berisi data beserta Formula yang sudah digunakan. Sebagai contoh, Perhatikan Gambar di bawah ini:
    Fungsi Excel Untuk Menampilkan Formula

    Keterangan:
    Siapkan data seperti pada gambar di atas. Di Kolom 1 terdapat angka ke-1 dan Kolom 2 terdapat angka ke-2 yang nantinya akan digunakan untuk perhitungan di Kolom Hasil. Sedangkan Kolom Rumus, Digunakan untuk menampilkan Formula-nya.

    **Untuk Belajar, Gunakan Lokasi Sel yang sama seperti contoh di atas. Jika berbeda, Maka Rumus yang digunakannya juga akan berbeda.

  3. Untuk Menampilkan Formula yang digunakan dalam Kolom “Hasil”, Aktifkan Cells E4 dan masukan Rumus Berikut ini:
    =FORMULATEXT(D4)

    Cara Menampilkan Rumus/Formula Excel dalam Sel dengan Fungsi FORMULATEXT

    Keterangan:
    Setelah Memasukan Rumus Fungsi tersebut, Tekan tombol ENTER. Maka hasilnya akan langsung muncul (Formula yang digunakan di Sel D4 akan terlihat).

    Untuk Mengisi Sel di bawahnya dengan rumus yang sama, Gunakan Teknik Fill Handle / Auto Handle.

  4. Selesai,

Menampilkan Formula yang digunakan dalam suatu sel excel bisa dilakukan dengan menggunakan Fungsi FORMULATEXT. Anda bisa memanfaatkan Fungsi ini untuk bahan pembelajaran dan penjelas agar siswa di sekolah bisa memahami dengan cepat mengenai Formula Excel yang digunakan.

Pelajari dalam bentuk Video disini:

Pelajari Juga:

Tinggalkan komentar

x