Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Kelebihan dan Kekurangan Google Sheet / Google Spreadsheet

Neicy Tekno - Penjelasan kelebihan dan kekurangan google sheet / google spreadsheet bisa dilihat berdasarkan fungsi, cara penggunaan serta fitur yang tersedia di dalam lembar kerja spreadsheet. Setiap aplikasi atau software pasti memiliki kelebihan dan kekurangan yang selalu dirasakan oleh pengguna-nya.

Jelaskan kelebihan dan kekurangan Google Spreadsheet / Google Sheet??.
Jelaskan kelebihan dan kekurangan Google Spreadsheet / Google Sheet??. Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang terdapat pada suatu aplikasi/software, Termasuk aplikasi berbasis web seperti Google Spreadsheet. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, Anda bisa merasakan kelebihan atau kekurangan suatu aplikasi dari beberapa hal setelah melihat dan mencoba halaman kerjanya.

Dalam artikel ini, Saya akan sedikit menjelaskan mengenai kelebihan serta kekurangan dari spreadsheet sesuai dengan apa yang saya rasakan setelah mencobanya.

Kelebihan dan Kekurangan Google Sheet / Google Spreadsheet

Penjelasan mengenai kelebihan atau kekurangan dari aplikasi/software Spreadsheet bisa dirasakan setelah anda mencobanya. Meskipun banyak kemudahan dan kenyamanan, Namun ada juga kekurangan yang mungkin menyulitkan pengguna. Disini saya akan membahasnya secara singkat dan anda bisa mencobanya untuk lebih memahaminya.

Kelebihan Google Sheet / Google Spreadsheet

  1. Berbasis Cloud
    Google Sheet/Spreadsheet merupakan aplikasi berbasis cloud atau komputasi awan, Semua itu membuatnya lebih ringan dan mudah untuk digunakan. Setiap perubahan yang dilakukan pada lembar kerja spreadsheet akan secara otomatis tersimpan di cloud atau Google Drive.
  2. Fleksibel
    Google Sheet/Spreadsheet bisa digunakan diberbagai sistem operasi desktop ataupun Smartphone. Anda juga bisa bekerja bersama teman dalam 1 Spreadsheet yang sama dan saling memberikan feedback.
  3. Ringan (Digunakan secara Online Tanpa Aplikasi)
    Google Sheet/Spreadsheet bisa digunakan tanpa harus instal aplikasi, Jadi anda bisa menggunakan lembar kerja spreadsheet secara online. Untuk menggunakannya, Anda bisa membuka browser dan kemudian masuk ke halaman kerja Google Sheet menggunakan akun g-mail. File Spreadsheet anda akan tersedia dalam Cloud atau yang tersimpan di Google Drive. Semua itu akan memberikan kenyamanan dan sangat ringan untuk digunakan dalam device apapun.
  4. Dapat digunakan secara gratis
    Google Sheet/Spreadsheet bisa digunakan secara gratis, Anda bisa menggunakannya secara bebas dengan fitur yang lengkap. Dengan begitu, Anda bisa menggunakan Google Sheet secara terus menerus dan membuat project sesuai dengan kebutuhan tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan.
  5. Rumus Fungsi
    Rumus fungsi yang ada di Spreadsheet bisa digunakan dengan sangat mudah, Karna ada fitur otomatis setelah menuliskan rumusnya. Kemudian ada sebagian rumus fungsi yang hanya bisa digunakan di Spreadsheet atau Microsoft 365 dan tidak ada di Excel.
Secara keseluruhan, Spreadsheet bisa digunakan dengan sangat mudah dan ringan. Ada banyak rumus fungsi yang sangat menarik dan anda bisa menggunakan Spreadsheet bersama rekan kerja untuk bekerja dalam 1 project yang sama.

Kekurangan Goole Sheet / Google Spreadsheet

  1. Harus Online
    Meskipun anda bisa download file Spreadsheet ke bentuk File Excel, Namun Untuk memaksimalkan penggunaan Spreadsheet, Anda harus terhubung dengan internet dan menikmati semua kemudahan di dalamnya. Dengan kata lain, Koneksi Internet menjadi salah satu hal yang penting dalam penggunaan Spreadsheet.
  2. Kurangnya Fitur Professional
    Ada beberapa fitur professional yang tidak bisa digunakan atau sulit untuk digunakan di Spreadsheet. Jadi untuk anda yang memiliki tugas penuh dalam project excel, Maka penggunaan spreadsheet akan terasa sangat sulit.

Spreadsheet/Google Sheet harus digunakan secara online untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Dengan kata lain, Anda akan kesulitan jika koneksi internet tidak memadai / buruk. Selain itu, Fitur yang tersedia terlihat masih kurang lengkap dan sulit untuk digunakan jika anda baru pertama kali menggunakan spreadsheet.

Pelajari Juga:

Post a Comment for "Kelebihan dan Kekurangan Google Sheet / Google Spreadsheet"