Cara Mengunci File Word Agar Tidak Bisa di Copy Paste

Neicy Tekno – Cara mengunci file Word agar tidak bisa di copy paste oleh orang lain dan data yang tersimpan akan aman, File Word-nya juga tidak akan bisa diedit oleh siapapun.

Mengamankan isi data di dalam lembar kerja Microsoft Word bisa menggunakan cara sederhana, Anda bisa mengunci isi dari file word agar tidak bisa diedit dan copas oleh pihak lain yang tidak memiliki password. Jadi file Word-nya akan dikunci menggunakan password dengan ketentuan yang bisa mengamankan file.

Mengunci data yang berada dalam project word bisa dilakukan dengan beberapa langkah mudah, Semuanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Project yang dikunci akan aman dari copas ataupun orang lain yang ingin mengedit.

Cara Mengunci File Word Agar Tidak Bisa di Copy Paste

Memberikan keamanan pada file word bisa menggunakan fitur Restrict Editing yang sudah tersedia di dalam aplikasi Microsoft Word, Anda bisa langsung menggunakannya. Untul lebih jelasnya, Perhatikan tutorial di bawah ini.

Cara mengunci file Word agar tidak bisa di copy paste (Copas)

  1. Buka file Word yang akan dikunci.
  2. Pergi ke Tab Review > Restrict Editing, Maka menu pengaturan Restrict Editing-nya akan terlihat pada sisi sebelah kanan.
  3. Untuk mengunci file Word-nya agar tidak bisa di Copas, Gunakan pengaturan di bawah ini:
    Cara Mengunci File Word Agar Tidak Bisa di Copy Paste
    Cara Mengunci File Word Agar Tidak Bisa di Copy Paste

    Keterangan:
    – Centang bagian Limit Formatting to a selection of styles
    – Centang bagian Allow only this type of editing in the document. Kemudian pilih “Filling in forms”.

  4. Kemudian tekan tombol “Yes, Start Enforcing Protection” dan masukan Password yang akan digunakan untuk mengamankan file word-nya.
  5. Setelah memasukan password, Tekan tombol OK.
  6. Selesai.

Mengunci atau mengamankan file word agar tida bisa di copy paste (Copas) bisa menggunakan teknik di atas, Anda bisa mengamankan isi dari file word. File word yang sudah terkunci tidak bisa diedit ataupun di copas, Karna untuk mengelola-nya membutuhkan password.

Pelajadi dalam versi video disini:

Tutorial di atas bisa diikuti dengan mudah, Anda bisa mengikuti setiap langkah pengerjaannya dalam versi artikel ataupun video. Gunakan teknik mengunci file word tersebut untuk mengamankan file word yang sudah dibuat.

Pelajari Juga:

Tinggalkan komentar

x