Rumus Excel Untuk Menghitung THR Karyawan Sesuai Ketentuan Lama Kerja

Neicy Tekno – Rumus Excel untuk menghitung THR Karyawan sesuai ketentuan lama kerja bisa menggunakan rumus fungsi IF dengan logika sederhana. Ketentuan lama kerja dan jumlah THR-nya bisa ditentukan sesuai kebijakan dan dihitung dengan tepat menggunakan Microsoft Excel.

Tunjangan Hari Raya atau biasa disebut THR selalu ditunggu oleh kebanyakan karyawan / pegawai, Baik itu di perusahaan seperti pabrik ataupun instansi. Para pekerja pabrik ataupun pegawai lainnya akan mendapatkan THR sesuai dengan ketentuan yang dibuat oleh pihak perusahaan atau biasanya sesuai Pph dan pemerintah.

Rumus Excel Untuk Menghitung THR Karyawan Sesuai Ketentuan Lama Kerja

Menentukan jumlah THR yang didapatkan oleh karyawan bisa menggunakan Microsoft Excel. Rumus Excel untuk menghitung THR Karyawan sesuai ketentuan lama kerja memiliki banyak variasi, Namun rumus fungsi IF menjadi yang terpopuler karna kemudahan dalam menuliskan logika-nya.

Cara Menghitung THR Karyawan Sesuai Lama Kerja di Excel

  1. Buka Microsoft Excel.
  2. Siapkan data Karyawan beserta dengan ketentuan THR-nya. Sebagai contoh, Buatkan tabel data seperti pada gambar di bawah ini:
    Rumus Excel Untuk Menghitung THR Karyawan Sesuai Ketentuan Lama Kerja
    Cara Menghitung THR Karyawan Sesuai Lama Kerja di Excel

    Keterangan:
    – Jika lama kerja >= 9 Tahun, Maka jumlah THR 3x Gaji pokok.
    – Jika lama kerja 4 – 8 Tahun, Maka jumlah THR 2x Gaji pokok.
    – Jika lama kerja <= 3 Tahun, Maka jumlah THR Gaji pokok + Rp. 1.800.000,-.

  3. Aktifkan sel D2, Kemudian masukan rumus berikut ini:
    =IF(C2>=9,B2*3,IF(C2>=4,B2*2,IF(C2<=3,B2+1800000)))
  4. Setelah menuliskan rumusnya, Tekan tombol Enter.
  5. Gunakan teknik Auto Fill/Fill Handle untuk mengisi bagian bawahnya dengan rumus yang sama.
  6. Selesai.

Rumus fungsi IF yang digunakan untuk menghitung THR Karyawan sesuai ketentuan lama kerja menjadi pilihan terbaik, Contoh di atas merupakan teknik untuk penulisannya.

Link Tutorial cara menghitung THR Karyawan sesuai ketentuan lama kerja versi video:

https://youtu.be/n-SGDMmi-lQ

Tutorial di atas merupakan salah satu cara untuk menghitung jumlah THR Karyawan / pegawai sesuai dengan ketentuan lama kerja. Selain itu, Kamu bisa menyesuaikan ketentuannya dengan mengubah sedikit rumus yang digunakan dalam tutorial di atas.

Setiap perusahaan / instansi mungkin memiliki perbedaan dari kebijakan THR Karyawan, Contohnya seperti ditentukan sesuai lama kerja atau setiap karyawan mendapatkan jumlah THR yang sama. Oleh sebab itu, Kamu harus memahami penggunaan rumusnya agar bisa menghitung THR karyawan dengan ketentuan yang berebeda.

Contoh di atas bisa dijadikan sebagai bahan untuk belajar menggunakan rumus if dalam menghitung THR karyawan sesuai ketentuan tertentu. Kamu bisa mengembangkan kembali rumusnya agar bisa digunakan dalam project menghitung jumlah gaji karyawan lainnya.

Jadi itu adalah rumus excel untuk menghitung THR Karyawan sesuai ketentuan lama kerja. Rumus yang digunakan sangat sederhana dan mudah untuk dipahami, Kamu pasti bisa menghitung-nya.

Ketahui juga:

Tinggalkan komentar

x