Cara Membuat Petunjuk Pengisian di Excel

Neicy Tekno – Cara membuat petunjuk pengisian di Excel untuk melengkapi pembuatan project atau aplikasi berbasis excel, Fitur ini sangat penting untuk dibuat. Menambahkan petunjuk pengisian pada aplikasi menjadi salah satu langkah terbaik untuk memberikan kenyamanan untuk pengguna.

Project aplikasi berbasis excel bisa dibuat dengan sederhana menggunakan rumus fungsi yang tersedia, Penambahan fitur sangat diperlukan. Dalam pengisian data di aplikasi berbasis excel, Kamu membutuhkan petunjuk pengisian untuk memudahkan pengguna dalam menggunakan project.

Oleh sebab itu, Kamu bisa mempelajari cara membuat petunjuk pengisian di Excel untuk melengkapi fitur dalam project atau aplikasi berbasis excel. Setiap fitur yang bisa memudahkan pengguna akan memberikan menfaat dan juga nilai lebih untuk aplikasinya.

Cara Membuat Petunjuk Pengisian di Microsoft Excel

Bagaimana cara membuat petunjuk pengisian di Excel?, Kamu bisa menggunakan Input Message yang sudah tersedia pada bagian data validation excel. Disana terdapat pengaturan yang bisa membuat petunjuk pengisian, Berikut merupakan tutorial lengkapnya:

Cara Membuat Petunjuk Pengisian di Excel

  1. Buka Excel dan siapkan project yang akan dibuatkan fitur petunjuk pengisian.
  2. Blok / Seleksi semua bagian sel data yang akan ditambahkan fitur petunjuk pengisian. Sebagai contoh, perhatikan gambar ini:
    Cara Menggunakan Input Message di Microsoft Excel
    Keterangan:
    Seleksi semua bagian sel yang akan ditambahkan fitur petunjuk pengisian.
  3. Pergi ke Tab Data > Data Validation > Data Validation…
  4. Pada bagian kotak dialog Data Validation, Pilih Input Message.
    Cara Menggunakan Input Message di Excel
    Keterangan:
    Pada bagian Title: Masukan judul untuk pejunjuk-nya.
    Pada bagian input Message: masukan pesan petunjuk pengisiannya.
  5. Tekan tombol OK.
  6. Selesai.

Tutorial di atas menjelaskan cara membuat petunjuk pengisian di excel menggunakan fitur Input Message, Teknik ini banyak digunakan dalam project aplikasi excel. Kamu bisa membuat petunjuk pengisian data dalam aplikasi yang dibuat di excel untuk memudahkan semua pengguna.

Petunjuk pengisian selalu digunakan untuk melengkapi fitur aplikasi, Biasanya untuk memberikan petunjuk kepada semua pengguna tentang cara mengisi data di aplikasi yang dibuat. Fitur ini akan membantu pengguna dalam memasukan data agar sesuai dengan yang dibutuhkan.

Dengan menggunakan fitur Input Message untuk membuat petunjuk pengisian, Maka kamu sudah bisa mempermudah pengguna dalam mengisi data dan melengkapi aplikasi dengan fitur yang lebih lengkap. Semua itu akan menjadi nilai lebih untuk project yang sedang kamu kerjakan.

Jadi itu adalah cara membuat petunjuk pengisian di Excel untuk melengkapi fitur pada roject atau aplikasi yang dibuat. Input Message menjadi salah satu fitur penting yang sering digunakan oleh semua pengguna excel, Kamu bisa mempelajarinya dengan mengikuti tutorial di atas.

Ketahui juga:

Tinggalkan komentar

x