Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Setting Wifi Indihome ZTE F609 Agar Lebih Optimal

Cara setting wifi indihome ZTE F609 agar lebih optimal ???
Sesuai Pengalaman saya Wifi Indihome bisa di maksimalkan agar tidak terjadi Lag atau Lemot, berikut adalah beberapa langkah yang bisa di ikuti : 

  1. Pastikan kita terhubung dengan router indihome yang akan kita setting. Bisa lewat wireless ataupun wired (LAN).
  2. Buka aplikasi browser semacam chrome atau mozilla, biasanya router indihome sudah disetting DHCP dengan ip 192.168.1.1 atau kita bisa cek sendiri berapa ip yang kita dapat, caranya “ control panel > network and internet > Network conections > double klik Ethernet yang anda gunakan (LAN/WAN) > Details “ maka akan muuncul ip dan gateway jaringan yang kalian gunakan di modem indihome tersebut.
  3. Buka chrome atau sejenisnya, masukan di bagian URL ip gateway router modem sesuai yang kalian gunakan yaitu 192.168.0.1 maka akan muncul tampilan login router kalian.
  4. Default user dan password ZTE F609 ini biasanya “user = user “ dan “ password = user “ dengan hurup kecil semua.
  5. Pertama yang harus kita setting ulang adalah mode, agar lebih cepat kita menggunakan mode yang terbaru yaitu mode seri b/g/n fitur ini terdapat dibagian “ Network WLAN > Basic”.

  6. Perhatikan Gambar di atas. Pilih channel wifi kita, channel ini sangat berpengaruh terhadap kinerja dari wifi kita karena apabila di area tempat anda banyak wifi-wifi lain maka akan terjadi interferensi jaringan atau tumpeng tindih jaringan wifi kita dengan yang lain, channel yang bagus adalah channel yang masih kosong atau dengan memilih antara channel 1,6,dan 11 karena channelnya berjauhan memungkinkan wifi bekerja optimal.
  7. Apabila wifi yang anda gunakan diperuntukan untuk keluarga anda saja tidak untuk disebar luaskan kembali, saya sarankan gunakan fitur Hide SSID agar wifi anda tidak banyak digunakan oleh orang lain karena akan menurunukan kecepatan internet anda pula.
  8. Hide SSID ini bertujuan untuk melakukan autentikasi 2x yaitu dengan mamasukan SSID nya terlebih dahulu apabila sudah benar kemudian memasukan password dengan benar maka user akan terknoneksi ke intenet. Untuk settingnya “ Network > Wlan > SSID Settings “ centang “enable hide SSID “ dan “ enable SSID “
  9. Agar peforma internet lebih nyaman dan aman, batasi user yang bisa masuk ke dalam modem anda sesuaikan dengan kebutuhan keluarga anda saja setting di “Maximum Clients”.

Cara ini berguna untuk memaximalkan jaringan internet indohome yang yang kita gunakan dirumah agar meminimalisir terjadinya lag/lemot pada jaringan internet kita.

2 comments for "Cara Setting Wifi Indihome ZTE F609 Agar Lebih Optimal"

  1. Menatur jarak jangkauan wifi agar lebihjauh

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengalaman saya sihh di frekuensi nya kita atur di area yang kosong sehingga meminimalisir Interpersensi jaringan...

      Delete