Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Setting Access Point Tp-link WR840N Menjadi Penguat Sinyal WIFI

Menjadikan Tp-link WR840N menjadi penguat sinyal wifi, Cara Menguatkan Sinyal WIFI, Cara Memperkuat Sinyal WIFI

     Tp-link WR840N adalah router 4 in 1 atau 4 fitur dalam 1 device. Router TL-WR840N ini menjadi router yang spesial karena router murah dengan harga 150 ribuan ke bawah yang memiliki banyak fitur canggih yang bisa kita dapat hanya dalam 1 router saja. Dengan spesifikasiWR840N membuat siapapun ingin memilikinya.
     Router WR840N ini sangat direkomendasikan untuk kalian yang ingin belajar dunia jaringan atau hanya ingin menggunakan untuk keperluan biasa saja. Router ini mampu menampung 25 user game active langsung dengan kecepatan 30Mbps dengan pembagian Bandwidth yang merata.
      Salah satu fitur yang dimiliki router wr840 ini adalah “ Range Extender “ yang bisa kita gunakan untuk memperluas jangkauan wifi kita yang ada. Sering kali kita merasa kurang ketika jangkauan wifi di rumah kita hanya terdeteksi beberapa meter saja. Dengan menggunakan WR840N kita bisa memperluas jaangkauan WIFI kita tanpa menggunakan kabel penghubung cukup dengan menggunakan wireless sehingga kita tidak perlu repot colok-colok kabel lagi.

Caranya :
  1. Login pada localhost Router TP-link wr840n dengan menggunakan default ip atau menggunakan dns name “ tplinkwifi.net ” dan masukan username password “ admin admin “

  2. Pilih “ Quick setup “ agar lebih mudah dan cepat kemudian “ next “

  3. Nahh karena kita akan memperluas sinyal maka pilih “ Range Extender “ kemudian “ Next “.

  4. Disini akan terlihat SSID wifi (termasuk yang di hidden) pilih wifi yang akan kita perluas jangkauannya, klik “ connect “ pada wifi yang akan kalian perluas (untuk yang di hidden seperti ini harus memasukan SSID dan password dengan benar) apabila tidak di hidden isikan passwordnya saja dengan benar.

  5. Apabila nama wifi yang kita perluas ingin menggunakan nama yang sama pilih opsi “ copy root ap “ sedangkan jika ingin diganti dengan nama baru bisa pilih “ customize “ dan isikan nama barunya, misal saya akan gunakan nama wifi baru dengan Neicytekno.net

  6. Pilih Static IP, karena pada beberapa kasus client sering mengalami bentrok ip dengan ip yang diberikan oleh ISP (wifi yang diperluas)

  7. Sehingga akan mendapatkan hasil setting, kilik finish dan tunggu sampai proses selesai.

  8. Lihat apa SSID yang baru kita buat sudah terdeteksi apa belum.. Password dari wifi baru tersebut sama dengan Password Wifi yang kita perluas jangkauanya.

  9. Simpan pada jarak 10-20m dari tempat wifi yang di perluas.

  10. Versi Video : 


Sekian tutorial memperluas jangkauan wifi kalian dengan menggunakan TL-WR840N,, jika ada pertanyaan atau ada request sendiri silahkan coret-coret di kolom komentar……dan TErima Kasih atas kunjungan nya :)

6 comments for "Setting Access Point Tp-link WR840N Menjadi Penguat Sinyal WIFI"

  1. Kalau untuk modif antena bagaimana yaa ?? Wifi yg saya tangkap terlalu lemah (1 bar ). Jadi untukmjaringannya sering hilang (putus nyambung)

    ReplyDelete
    Replies
    1. agar lebih murah bisa dengan modif routernya menjadi outdor dengan bahan yang ada disekitar

      misal : https://www.neicytekno.net/2020/07/cara-membuat-access-point-indoor.html

      atau ganti antena bawaan TL-WR840 dengan antena 14dbi, di olshop banyak dijual....

      Delete
  2. gan nanya nih, tplink jenis ini bisakah untuk meneruskan hospot login mikrotik? topologinya ISP dari indihome kemudian ke mikrotik, nah dimikrotik saya tambahkan akses point jenis Tenda 03. saya ingin tambah akses poin di jarak sekitar 100 meter dari tenda 03. tapi yg saya inginkan adalah si akses poin yg jarak 100 meter tadi bisa menyebarkan sinyal tenda lagi.. nantinya setiap user ketika ingin akses internet di akses poin tadi harus login username dan password. cuma saya buntu di alat untuk repeater memperluas koneksi wifi ini, saya beli tenda N301 ketika digunakan mode WISP hanya satu saja login, yg lain ingin menggunakan hanya ngoneksin aja. ketika disetting universal repeater cuma bisa 1 perangkat yg bisa login, padahal settingan sudah benar.. nah kira" jenis akses poin apa yg bisa dan support digunakan untuk menyebarkan hospot mikrotik tanpa kabel ya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. menggunakan TL-WR840 juga bisa mode rangeextender, cuma besaran bandwidth dan jumlah client online di TL-WR840 akan sangat berpengaruh karena dari jarak tembak dan beban yang akan diterimanya dari client.
      menggunakan Tenda 03 juga bisa dan kemungkinan besar akan lebih stabil. namun perlu diingat lagi bahwa tenda 03 berantena sectoral sehingga cakupan sinyal yang di dapat untuk client hanya 50-180derajat, yang artinya tidak akan bisa mengcover maksimal client di belakangnya.
      Tenda N301 memang begitu mode WDS dan Extendernya sama saja berbeda dengan prinsip umum AP

      Delete
  3. Gan mau nanya ni, kalo asal internetnya itu dari hotspot hp, apakah sinyalnya bisa makin kuat atau tergantung sinyal hp gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kecepatan hp kak, cuma jangkuanya akan lebih luas...

      Delete