Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Setting Tenda N301 Menjadi Mode Router Dengan IP Static

 Setting Tenda N301 Menjadi Mode Router Dengan IP Static

    Selamat siang sobat wifi…. Sebelumnya kita sudah membahas bagaimana cara menggunakan router Tenda N301 sebagai mode Router Dynamic dan PPPoE. Fitur Router Dynamic dan PPPoE bisa digunakan apabila ISP atau sumber internet menggunakan DHCP server yang artinya setiap client yang terhubung dengan ISP tersebut akan mendapatkan IP secara otomatis.

     Pada saat ini banyak ISP yang tidak memberikan IP DHCP terutama pada jaringan yang bersifat dedicated ataupun ISP yang menjaga keamanan Internetnya secara detail sehingga tidak aka nada IP yang di pakai oleh orang lain.

Baca juga artikel terkait : Setting Tenda N301 Mode Router

    Untuk mengatasi ISP yang menggunakan IP static kita bisa membuat router Tenda N301 sebagai client. Static router bisa kita gunakan untuk ISP server yang menggunakan DHCP ataupun Static yang paling penting adalah kita bisa tahu IP yang digunakan oleh ISP server. Caranya mudah dan tidak ribet.

  1. Pastikan Kabel internet (Ethernet sumber internet) dari modem ISP server masuk pada Port WAN pada router Tenda N301. Hal ini wajib jika kita kan memanfaatkan mode “ Router “ pada Tenda N301.
  2. Seperti biasa hubungkan PC/HP ke router  Tenda N301 bisa menggunakan Wifi ataupun menggunakan kabel LAN yang di colok ke Port LAN pada router Tenda N301.
  3. Buka aplikasi Pencarian seperti Chrome/Opera atau yang lainyya. Masuk WebPig Tenda N301 dengan menuliskan IP Gateway nya biasanya 192.168.0.1 atau cek pada status wifi di pc/hp kita gateway nya berapa.
  4. Login dengan memasukan Username dan Password. (Jika router masih baru atau sudah di reset maka tidak perlu memasukan username dan password)

5. Masuk pada “ Internet Setting “ dengan mode “ router “ pilih internet conection “ Staatic IP Address” dan sesuailan ip addres dari ISP yang kalian pakai…

6. Missal saya dapat ip ISP dengan gateway 192.168.2.1 maka yang harus di isi adalah

·         Ip address = bebas asalkan digit ke 1-3 sama dengan gateway 192.168.2. …yang akhirnya bebas asalkan di bawah 254

·         Subnetmask = sesuaikan sengan prefix yang di pakai biasanya pakai /24 yaitu 255.255.255.0

·         Default gateway = gateway yang digunakan ISP

·         Prepered DNS = 8.8.8.8 (DNS google)

·         Alternative DNS = 8.8.4.4 ( DNS google)

Perhatikan Ip dan Gateway nya jangan sampai salah kaena jika salah atau beda dengan ISP maka tidak akan mendapat koneksi internet. Apabila router sudah terkoneksi akan ada notif warna hijau.

Versi Video : 


sekian artikel kali ini,, semoga membantu... silahkan coret-coret di kolom komentar jika ada pertanyaan...


Baca Juga : Merubah DNS Router menjadi DNS Google dan Cludeflare

Post a Comment for " Setting Tenda N301 Menjadi Mode Router Dengan IP Static"