Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Membuat Usaha Wifi Murah Tanpa MikroTik Menggunakan Tenda N301 | Manajemen Bandwidth Client

Membuat Usaha Wifi Murah Menggunakn Tenda N301 

Selamat malam sobat wifi… kali ini kita akan membahas salah satu Router mungil, murah, estetik, dan sangat istimewa, yang tidak lain dan tidak bukan yaitu Tenda N301. Sebelumnya kita sudah membahas bagaimana cara penggunaanya sesuai dengan yang kita butuhkan untuk pemakaian sehari-hari ataupun untuk usaha voucher hotspot.

Nahh berbicara tentang usaha hotspot voucher, pikiran saya atau pikiran kalian langsung terpikir ke RouterBoard MikroTik sebagai system manajemen client dan Bandwidthnya. Kemudian kalian berpikir disamping harga Mikrotik yang 300-sekian puluh jutaan atau bisa dibilang mahal kalian juga pasti berpikir bingung cara mengoprasikan MikroTik. Tapi jika kalian ingin belajar menggunakan Mikrotik bisa cek artikel kami sebelumnya yang selalu berkaitan dengan dunia jaringan.

Kalian tidak perlu bingung jika ingin membuka usaha Wifi voucheran seperti mikrotik, cukup dengan menggunakan Tenda N301 kalian sudah bisa memulai membuka usaha wifi kalian di rumah. Caranya ? dengan menggunakan system reset password atau ganti password wifi setiap jam-jam tertentu misalkan setiap jam 12 malam kalian ganti passwordnya.

Bagaimana cara memanajemen client yang masuk dan mengatur Bandwidthnya?

1. Sambungkan hp/laptop kalian ke jaringan wifi dari Tenda N301

2. Buka aplikasi pencarian seperti Chrome,opera,uc dsbg.

3. Ketik di kolom default Ip dari Tenda di kolom URL yaitu 192.168.0.1


·         Jika tidak masuk, tulis saja tendawifi.com

4. Masukan password admin Tenda N301 ( Jika menggunakan) *kalo belum menggunakan cepat-cepat tambahkan password admin yahh


5. Masuk menu “ Bandwidth Control “ disini akan terlihat siapa saja yang telah masuk ke jaringan wifi tenda N301 kita

6. Disini kita bisa menandai setiap user yang terhubung dengan merubah nama Perangkatnya dengan nama pemiliknya, Misal ASEP.


7. Dan kalian bisa memberi batasan kecepatan yang akan diterima oleh si ASEP, tinggal sesuaikan dengan harga yang kalian sudah sepakati dengan si ASEP, dan, misal kita akan memberi si ASEP 2Mbps untuk download dan 512Kbps Untuk Upload.


8. Klik ok jika sudah dirasa sesuai.

Nahh cara diatas adalah cara untuk memanajement Bandwidth untuk setiap Client yang terhubung, ini sangat penting karena kualitas kecepatan internet adalah yang utama dalam usaha wifi ini.

Namun karena ini masih system wifi WPA/WPA2-PSK atau hanya menggunakan satu Password banyak user-user jahil yang bisa mengakases wifi kita. Untuk mencegah user GRATISAN tersebut kita harus menandai perangkat client yang membeli seperti hp si ASEP tadi. Apabila kedapatan ada user yang kita tidak kenal kita BLOCK user tersebut sementara. Sementara aja sampai dia bayar hehehe…

Caranya :

1. Masih pada menu “ Bandwidth Control “ kita lihat user yang kita tidak kenal atau yang belum kita namai. Disana terlihat penyusup yaitu Xiomi Note 4 sedang terhubung dengan wifi kita


2. Copy Mac Address device xiomi note4


3. Masuk menu “ Advanced “


·         Filter mode = Black List

·         Blacklisted MAC Address = MAC Address perangkat Penyusup

·         Remaks = Catatan Kejahatan

4. Tambahkan (+)

5. Klik “ OK “ jika sudah sesuai

 

Maka hasilnya user xiomi note4 atau perangkat penyusup tersebut tidak akan bisa mengakses jaringan wifi Tenda N301 meskipun masih terdetek ada wifi kita di hpnya. Kalo penyusup itu sudah bayar tinggal kita hapus saja di blacklist clientnya. Mudah dan simple bukan?


jika masih bingung silahkan tinggalkan keresahan kalian semua di kolom komentar yahh gaesss..

Untuk Kamu yang masih belajar mengenai Tenda N301, Kami memiliki banyak Tutorial Lengkap mengenai setting Router Tenda N301, selengkapnya baca Disni

Post a Comment for "Membuat Usaha Wifi Murah Tanpa MikroTik Menggunakan Tenda N301 | Manajemen Bandwidth Client"