Cara Mengatasi Wifi Router Yang Tidak Muncul Sama Sekali – Totolink n200re v5

Neicytekno.net    – Banyak sekali kasus pada router-router atau access point yang banyak digunakan masyarakat mengalami error masalah yang serius ataupun seperti masalah serius padahal masih bisa diperbaiki dengan mudah tidak perlu di bawa ke tuser ataupun service center terdekat, atau bahkan sebagian orang akan langsung membuangnya.

salah satu kasus yang sering terjadi adalah terhapusnya atau error firmware yang digunakan oleh access point ataupun router yang menyebakan router tidak bisa bekerja dengan normal. Jika firmware hilang atau rusak maka baik interface warless ataupun LAN akan terganggu ataupun tidak terdeteksi sama sekali baik SSID wifi ataupun Jaringan LAN router.

Mengatasi wifi dan lan yang tidak terdeteksi pada router totolink n200re bisa menggunakan salah satu cara yaitu update paksa firmware. Dengan cara ini kita hanya membutuhkan kabel LAN dan sebuah laptop/pc yang tersambung dengan router totolink. Caranya simak langkah-langkah berikut ini :

#Update Firmware Manual

Pertama kita harus mendownload terlebih dahulu firmware dari Router Totolink yang kita gunakan disini. Pastikan kita mendownload tipe dan versi totolink yang kita gunakan dengan benar perhatikan versi hardware yang digunakan jika menggunakan versi 5 maka download firmware versi 5 pula. 

Kedua, kita extract file firmware yang telah di download caranya “klik kanan file .rar — extract to nama file”

cara extract firmware totolink rar
Ketiga kita siapkan Totolink n200re yang telah tersambung dengan pc/laptop ke port LAN yang kita gunakan,  kemudian kita lihat terlebih dahulu apakah pc/laptop sudah mendapatkan ip dari totolink n200re? jika belum kita harus menyetting manual dengan menggunakan alamat ip (192.168.1.2) atau (192.168.0.2) Caranya masuk “control panel — network and internet — network and sharing center — change adapter setting” 

cara setting ip static pada pc windows 10

Keempat kita buka aplikasi pencarian seperti Chrome, browser dll. kemudian ketika pada kolom URL 192.168.1.1 untuk masuk ke sistem n200e. Kemudian tekan “choose file” dan arahkan ke file firmware yang telah di extract sebelumnya yang bertype “WEB file”

cara update firmware totolink n200re

Terakhir tekan “update firmware” dan tunggu proses sampai selesai dan totolink akan reset otomatis (sekitar 2 menit) dan lepas kabel power kemudian pasang kembali, dengan begitu totolink n200re dapat digunakan kembali dengan normal.

menunggu proses update firmware totolink n200re sampai selesai

Cara ini besar kemungkinan berhasil dan dapat kita praktekan meskipun masih awam di dalam dunia jaringan, tapi jika kerusakan di hardware seperti konslet atau yang lainya besar kemungkinan kita harus mengganti komponen yang rusak atau membawanya ke service center. 

Baca Juga : Cara Nembak Wifi Voucher atau Wifi id menggunakan totolink

2 pemikiran pada “Cara Mengatasi Wifi Router Yang Tidak Muncul Sama Sekali – Totolink n200re v5”

  1. saya sudah mencoba sprti cara bpk, tp ttp ga berhasil ya pak.. padhl di menu setingan di IP bawaan nya semua t5erbroadcast dgn baik, klo hardware ga mungkin karena lampu indikator di totolink nya semua benar dan nyala.. tolong bantu saya pak

    Balas

Tinggalkan komentar

x