Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Jangan Netinstal! Lakukan Ini Jika Mikrotik Tidak Muncul di Winbox

Neicytekno    - Jangan langsung melakukan netinstall ataupun membuang RouterBoard mikrotik apabila kedapatan masalah alamat ip ataupun mac address mikrotik tidak muncul di apliaksi winbox. Sering kali ketika masalah ini kita langusung mendiagnosa ada masalah pada OS pada RB sehingga kita langsung saja mengeksekusi RB dengan Netinstall tanpa mengetahui penyebab dan cara pertama menanganinya.

mikorotik tidak terdeteksi di winbox

Netinstall sendiri tidak direkomendasikan selalu sering dilakukan pada RB karena pada beberapa kasusu setelah melakukan netinstall beberakali pada RB yang sama, RB tersebut menjadi Matot alias mati total. Oleh karenanya perhatikan langkah pertama yang bisa dilakukan sebelum melakukan netinstall apabila RB tidak terdeteksi di winbox.

Jangan Menggunakan ether1 untuk remote Mikrotik

alasanya, karena pada ether1 dikonfigurasi oleh bawaan pabrik yang terproteksi oleh firewall sehingga ip neighbor tidak akan muncul pada aplikasi winbox. Maka dari itu coba gunakan ether lain seperti ether2 dan seterusnya. Jika masih belum muncul coba cara kedua.

gunakan ether 2 sebagai solusi

Gunakan IP Static

Cara ini dilakukan jika laptop kita masih tidak mendapatkan alamat ip otomatis dari Mikrotik. Dan biasanya akan muncul informasi adapeter "identifying". Caranya masuk ke menu "control panel -- Network and Internet -- Network and Sharing Center --  Change Adapter Setting -- pilih adapter yang terhubung dengan Mikrotik" 

cara melihat adapter yang digunakan komputer/pc

Solusinya, Jika router kalian masih baru atau bari direset (masih konfigurasi bawaan) setel alamat ip laptop/pc menggunakan ip static dengan ip 192.168.88.2 netmask 255.255.255.0.

cara merubah ip komputer menjadi ip static

Apabila sebelumnya sudah terdapat settingan di dalamnya, setel adapter menggunakan alamat ip yang digunakan sebelumnya.

Matikan Antivirus dan Firewall Laptop/PC Sementara

Pada beberapa laptop/pc yang baru pertama kali menggunakan winbox biasanya akan muncul notifikasi mengijinkan/menolak aplikasi menggunakan jaringan privat ataupun public, yang sering kali kita tidak sengaja membatasi hak aplikasi menggunakan jaringan. Untuk Menonaktikanya, masuk ke menu "windows security -- Firewall & Network Protection -- Public Network" kemudian nonaktifkan "Microsoft Defender Firewall"

cara mematikan firewall windows
Jangan lupa setelah selesai aktidkan kembali firewall untuk menjaga perangkat komputer tetap aman.

Hard Reset

Hardreset atau manual menggunakan tangan untuk menekan tombol reset yang ada pada RB. Cara ini bisa dilakukan jika cara diatas masih tidak bisa memunculkan mikrotik di Winbox. Untuk caranya simak artikel kami sebelumnya, disini.

Cara diatas bisa kita coba sebelum melakukan netinstall pada RB yang bermasalah, cara ini dinilai menjadi langkah pertama yang aman dari resiko mati total ataupun kehilangan lisensi. Namun jangan terlalu sering juga melakukan hard reset seperti yang kita singgung pada artikel sebelumnya bahwa hardreset yang terlalu sering dapat menimbulkan hilangnya lisensi yang terdapat pada RB tersebut.

Post a Comment for "Jangan Netinstal! Lakukan Ini Jika Mikrotik Tidak Muncul di Winbox"