Cara Menyembunyikan Wifi Indihome pada Router ZTE F609 V3

Neicytekno    –   Pada saat ini jaringan internet merupakan kebutuhan pokok sehari-hari masyarakat terutama dikala pandemi saat ini, kita diharuskan mengerjakan sesuatu menggunakan internet untuk meminimalisir tatap muka secara langsung dan mengerjakan sesuatu semuanya di rumah. 
Untuk menghemat paket data atau kuota biasanya kita berlangganan layanan wifi dari penyedia layanan internet yang unlimited, namun pada kenyataanya kebanyakan penyedia layanan unlimited menerapkan sistem batasan kuota yang apabila sudah mencapai batas kuota tersebut kecepatan wifi akan menurun hingga 50%. 
Untuk meminimalisir masalah kuota tersebut kita kita bisa melakukan hal berikut ini:
  • Hanya memberikan password wifi ke orang terdekat saja (keluarga)
hal ini penting karena semakin banyak orang yang menggunakan wifi kita, hal ini berpotensi mengurangi kecepatan wifi kita karena harus berbagi dengan orang lain, ditambah biasanya router-router dari penyedia layanan wifi belum support manajemen bandwidth sehingga kecepatan akan saling tari menarik dan tidak akan mendapatkan alokasi bandwidth yang sama.
  • Gunakan mode hidden/disembunyikan pada SSID wifi
Menurut pengalaman mode hidden sangat bermanfaat dari segi keamanan dan kehematan yang diperoleh, dengan menggunakan mode hide kita harus memasukan 2 autentikasi yaitu dengan memasukan SSID sekaligus Passwordnya dengan benar. Karena menggunakan hidden tidak akan banyak yang tahu kalo kita memiliki wifi sehingga tidak akan rawan di salahgunakan oleh orang lain sehingga menjadi hemat kuota. Untuk cara mengaaktifkan Hidden SSID, terutama pada router ZTE v3 kita bisa menggunakan cara ini.

1. Sambungkan Laptop kita ke jaringan wifi/lan Router ZTE F609
2. kemudian, buka aplikasi pencarian seperti google chrome, opera, atau yang lainya.
3. kemudian ketikan default IP gateway router ZTE biasanya 192.168.0.1  (jika tidak tahu default gatewaynya coba cek di pengaturan wifi laptop/pc/hp akan ada informasi alamat ip dll)
4. kemudian masukan username dan password biasanya (username = user password = user)

password localhost ZTE V3 Terbaru

5. kemudian masuk menu “Network — Wlan —  SSID Settings” dan centang ” hide SSID & enable SSID ” untuk mengaktifkan Hidden SSID.

Hidden SSID ZTE F609 V3

6. tekan “submit” dan selesai.
  • Menggunakan Router tambahan seperti Mikrotik
Mikrotik merupakan router yang dapat memanajemen bandwidth dan dapat juga memblokir konten-konten yang ada di internet. Kita bisa mengatur siapa saja, kapan waktunya, dan memblokir siapa saja yang dapat mendownload dan mengakses internet

Ini merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyembunyikan SSID dan cara menghemat kuota wifi, masih banyak cara untuk digunakan dan itu harus disesuaikan dengan kondisi lapangan. Menyembunyikan wifi dengan cara diatas bisa dilakukan menggunaka perangkat pc/laptop ataupun hp. 
Setiap perangkat yang ingin terknoneksi dengan internet wajib menambahkan dan mengetikan  secara manual SSID dan password wifi tersebut.

Tinggalkan komentar

x