Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Widget HTML #1

Cara Mengurutkan Data di Google Spreadsheet

Neicy Tekno - Cara Mengurutkan Data di Google Spreadsheet / Google Sheet sesuai dengan urutan huruf, angka, tanggal atau data tertentu sesuai dengan kebutuhan. Tutorial ini menggunakan teknik Filter data yang nantinya akan disesuaikan dengan kondisi yang dibutuhkan, Semuanya bisa dipelajari dengan cepat dan mudah.

Mengurutkan data merupakan salah satu teknik yang sangat penting dalam kegiatan administrasi dan akuntansi, Memfilter data bisa mempercepat proses pemilihan data. Untuk mengurutkan data, Anda bisa mengurutkan semua isi tabel sekaligus atau hanya sebagian. Dengan kata lain, Teknik dan penggunaannya hampir sama seperti dalam Microsoft Excel.

Cara Mengurutkan Data di Google Spreadsheet / Google Sheet

Memfilter data sesuai dengan kondisi yang dibutuhkan bisa menggunakan cara sederhana seperti mengutkan sesuai data ascending, descending, warna cells, nilai atau kondisi tertentu. Pengurutan data di Google Sheet / Spreadsheet ini bisa digunakan sesuai dengan kebutuhan, Pilih salah satu opsi yang sesuai dengan project yang dibuat.

Cara Mengurutkan Data di Google Spreadsheet

  1. Buka Spreadsheet / Google Sheet.
  2. Siapkan data yang akan diurutkan.
  3. Blok/Seleksi bagian data yang akan diurutkan-nya, Kemudian pilih dan tekan tombol Create a filter. Perhatikan gambar di bawah ini:
    Cara Mengurutkan Data di Google Spreadsheet / Google Sheet
    Cara Mengurutkan Data di Google Spreadsheet / Google Sheet
    Keterangan: 
    Blok/Seleksi semua bagian data yang akan diurutkan (termasuk judul kolom-nya). Tombol Filter-nya akan terdapat pada bagian sel teratas, Jika menggunakan cara di atas maka tombol filter akan berada pada Judul kolom-nya.

  4. Setelah itu, Maka tombol filter-nya akan muncul pada bagian judul kolom. Perhatikan gambar di bawah ini:
    Cara Memfilter Data di Spreadsheet
    Filter data di Spreadsheet / Google Sheet
    Keterangan:
    Anda bisa memilih salah satu urutan yang dibutuhkan seperti Ascending, Descending atau yang lainnya. Setelah mengurutkan pada 1 kolom, Maka data yang berada di sel lainnya akan ikut diurutkan.
    Jadi semua data yang berada pada kolom filter akan berubah sesuai dengan ketentuan atau kondisi yang dipilih.

  5. Selesai.

Mengurutkan atau memfilter data di Google Sheet merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan dalam pembuatan data administrasi dan akuntansi. Dengan menggunakan cara ini, Anda bisa dengan mudah mengurutkan data angka, huruf, tanggal, nama dan lainnya.

Pelajari dalam versi Video disini: 


Mencari nama atau data tertentu menggunakan teknik filter bisa membantu anda dalam pengurutan data-nya, Karna dalam opsi filter data terdapat kriteria atau nilai tertentu yang bisa digunakan.

Pelajari Juga:

Post a Comment for "Cara Mengurutkan Data di Google Spreadsheet"